Apartemen Minimalis Ala Jepang

Gaya Apartemen Minimalis Ala Jepang yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Semakin sempitnya lahan di perkotaan membuat harga tanah menjadi mahal. Hal tersebut memicu masyarakat urban memilih untuk tinggal di apartemen. Selain praktis, tinggal di apartemen merupakan trend yang populer. Karena terjamin keamanannya, mengikuti gaya hidup zaman sekarang, dan fleksibel. Salah satu permasalahan saat memilih apartemen untuk ditinggali adalah ukuran. Karena kebanyakan apartemen hanya terdiri dari satu ruangan tanpa sekat. Anda bisa mengikuti interior apartemen minimalis ala Jepang. Berikut trik yang bisa Anda gunakan.

Gaya Apartemen Minimalis Ala Jepang yang Bisa Ditiru

Apa saja yang menjadi pertimbangan untuk menyulap apartemen bergaya Jepang?

Menggunakan Pintu Geser

Sebab biaya menciptakan rumah sangat mahal, rumah di Jepang umumnya berukuran kecil serta banyak yang menyewa apartemen. Jadi sangat penting untuk memanfaatkan ruang dengan semaksimal mungkin. Penggunaan pintu geser lebih menghemat tempat daripada pintu biasa.

Menggunakan Warna Netral dan Monokrom

Interior Jepang sangat identik dengan warna yang netral kalem bahkan cenderung monokrom. Apalagi Anda memiliki warna favorit putih, bisa menjadi rona utama ketika mengambil sebagian besar  porsi cat atau wallpaper.  Anda juga bisa menambahkan warna lain seperti krem, abu-abu, biru muda, dan pink muda sebagai bagian lain dari ruangan.

Elemen Alam Pada Interior Ala Jepang

Gaya apartemen minimalis ala Jepang bisa mengikuti budaya Jepang, yaitu menyatukan alam dengan manusia. Bonsai, bambu, atau tumbuhan tradisional Jepang lainnya bisa Anda tambahkan untuk mendapatkan kesan Negeri Sakuranya.

Anda bisa memberi tanaman lain agar tetap memperoleh style yang sama. Anda bisa menambahkan tanaman anggrek atau pohon palem. Hunian Jepang tidak memiliki banyak warna, jadi Anda bisa menggunakan tanaman yang simple dan hijau.

Cahaya Alami dan Ruang Terbuka

Karena apartemen terkesan sempit, tidak ada salahnya jika Anda meletakkan banyak cahaya alami serta ruang. Tujuannya adalah untuk memberi kesan lebih luas serta cerah. Anda bisa menggunakan banyak jendela dan instalasi plafon yang pas. Pastikan menggunakan tirai minimalis supaya jendela terlihat eye cathy.

Menggunakan Elemen Bambu dan Kayu

Cara terbaik untuk menyesuaikan hunian dengan alam dengan menambahkan  bambu atau kayu alami pada sekitar apartemen. Interior ala Jepang sangat terkenal dengan penggunaan elemen kayu. Bambu juga sangat populer untuk dekorasi. Tekstur kayu banyak diperlihatkan pada hunian Jepang. Coba gunakan elemen kayu alami pada apartemen dengan menambah hiasan bambu.

Bak Rendam

Setelah ruangan selesai, masih ada gaya apartemen minimalis ala Jepang selanjutnya. Coba Anda rubah sedikit pada bagian kamar mandi. Jika biasanya kamar mandi kering sekarang coba gunakan bak berendam dari kayu. Anda bisa membeli secara online atau mendatangi tokonya secara langsung. Cari yang berukuran kecil dan mempunyai sanggahan, sehingga bisa digunakan untuk duduk seperti kursi di dalam air.

Meja Pendek

Meja pendek khas Jepang bisa Anda gunakan pada ruangan sebagai pelengkap interior. Biasanya meja pendek terdiri dari empat kaki pengampu serta unsur permukaan dari bambu atau kayu. Meja ini mempunyai dimensi kecil dan ramping, serta kaki meja bisa dibongkar pasang sehingga memudahkan Anda untuk disimpan pada ruang penyimpanan.

Alas Duduk

Biasanya di Jepang menggunakan karpet sebagai alas duduk atau zabuton. Zabuton umumnya dilengkapi dengan zaisu, kursi Jepang yang tidak mempunyai kaki penyanggah. Hal ini akan memudahkan tamu yang tidak terbiasa dengan alas duduk lantai.

Jika ruang tamu sudah lengkap Anda bisa menyediakan tempat sepatu di dekat pintu. Rak sepatu di Jepang sering disebut Getabako, agar kesan natural tetap terjaga.

Jika Anda memiliki apartemen minimalis dan ingin terkesan mewah, Anda bisa mencontek cara tersebut. Dengan gaya apartemen minimalis ala Jepang membuat ruangan terkesan natural dan mewah.