Desain Ruang Makan Apartemen Ala Cafe dan Tips Penerapannya

desain interior ruang makan apartemen ala cafe

Ada banyak desain ruang makan apartemen ala cafe. Dengan menerapkan gaya tersebut, nuansa ruangan akan bertambah nyaman dan menarik.

Memiliki apartemen dengan ruang makan yang nyaman dan menyenangkan adalah impian semua orang. Maka, saat ini, banyak yang mencari dan menerapkan desain ruang makan apartemen ala cafe. Hal yang paling ditonjolkan dalam hal ini biasanya adalah suasana serta interior ruangan. Meski begitu, menu minuman & makanan juga harus diperhatikan.

Konsep ruang makan ala cafe tak hanya menciptakan kesan elegan dan nyaman untuk pemilik apartemen. Menariknya, Anda bisa membuat pesta dan mengajak seluruh rekan untuk berkumpul di cafe apartemen. Lalu, bagaimana cara mendesainnya? Anda bisa simak tips berikut agar hasilnya menarik dan fungsional.

Memilih Tema Desain

desain ruang makan apartemen yang nyaman

Hal pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah tema desain. Artinya, Anda wajib mengenali dulu tema apa saja yang pas untuk mendesain ruang makan ala cafe. Setelah itu, sesuaikan dengan selera atau model apartemen!

Desain cafe itu sangat beragam. Untuk diterapkan di rumah atau apartemen, kebanyakan, gaya yang dipakai adalah klasik, vintage, ala industrial, hingga minimalis modern. Yang pasti, Anda harus cermat dalam menerapkannya agar hasilnya maksimal.

Baca juga : Desain Dapur Apartemen Ala Jepang, Cantik Menyegarkan

Warna Ruang Makan Ala Cafe

Pemilihan warna merupakan rahasia yang membantu menciptakan ruang makan ala cafe terlihat indah dan menyenangkan. Setelah penentuan tema, warna tentunya akan mengikuti s├Ęsuai konsep dan gaya desain.

Misalnya, Anda menggunakan tema industrial, Anda dapat menerapkan warna (unfinished) yang mampu menguatkan serta menonjolkan tema tersebut. Warna ini tidak hanya diaplikasikan di dinding. Item serta furniture dalam ruangan pun bisa menggunakan sentuhan warna sesuai tema.

Seni Dinding

Yang dimaksud disini adalah hiasan dinding. Jika Anda sangat menyukai gaya temporer, Anda bisa mempertimbangkan penambahan seni atau hiasan dinding abstrak. Tak perlu mewah, Anda bisa menerapkan seni sederhana. Yang terpenting adalah bagaimana pesona ruang makan itu meningkat seperti cafe pada umumnya.

Bagaimana contoh seni dinding yang bagus? Ada banyak sekali, salah satunya yakni fotografi still life. Jika Anda ingin yang lebih menarik, terapkan saja nuansa vintage yang mampu menambah kesan klasik.

Furniture

Ini merupakan elemen penting yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, Anda pun tidak bisa seenaknya mengusung semua furniture. Umumnya, konsep ruang makan ala rumahan tidak menerapkan furniture berlebihan.

Konsep cafe pada ruang makan akan semakin terasa jika mengusung gaya santai. Maka, ada baiknya Anda memakai furniture sederhana dan sesuai tema. Cara ini juga membantu Anda untuk memiliki banyak space kosong. Anda bisa menambahkan item lain seperti perabotan unik dan sebagainya.

Bagaimana dengan gaya meja dan kursi? Anda bisa saja memakai meja biasa. Namun, ruangan akan lebih menarik jika menggunakan kursi bar. Kesan cafe akan semakin kuat dan terasa nyata.

Tanaman Hias

Sebenarnya, item ini tidak wajib. Namun, Anda sangat disarankan untuk menggunakannya. Kenapa? Tanaman hias mampu menciptakan kesan asri dan sejuk dalam ruangan. Agar semakin tampak menawan, Anda bisa mengatur penempatannya dengan baik.

Bagaimana contohnya? Ada banyak metode, misalnya penggunaan pot minimalis, metode menggantung, dan masih banyak yang lainnya.

Pencahayaan

Jika sudah mengatur semua konsep muali tema dan kawan-kawannya, jangan lupakan pencahayaan! Hal ini sangat mempengaruhi suasana ruang makan sama halnya permainan warna.

Umumnya, orang-orang akan menggunakan lampu gantung. Selain indah, suasana pada langit-langit ruangan benar-benar seperti area cafe. Lampu ini juga pas diterapkan pada tema atau konsep apapun.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan desain ruang makan apartemen ala cafe. Selamat mencoba!

suka konten kami? share yuk

Artikel Menarik Lainnya