Harga Jasa Desain Interior Surabaya

Siapa pun pasti memiliki gambaran tentang rumah atau hunian yang ideal. Dengan kata lain, tempat tinggal impian yang membuat penghuninya merasa nyaman. Oleh karena itulah tidak jarang orang bersedia melakukan renovasi hunian hingga berkali-kali demi menciptakan hunian impian.

Sebenarnya, Anda tidak perlu melakukan begitu banyak perbaikan untuk mendapatkan hunian yang ideal. Misalnya di Surabaya. Pasalnya, ada desainer interior yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan harapan tersebut. Tentunya, ada harga jasa desain interior Surabaya yang harus Anda bayarkan.

Cara Penghitungan Harga Jasa Desain Interior Surabaya

Jasa desain interior seperti desain interior Surabaya adalah orang-orang yang ahli dalam merancang atau mendesain interior hunian, baik rumah tapak maupun apartemen. Dengan kata lain, tugas mereka adalah membantu Anda untuk mengatur atau menata agar furnitur serta barang-barang lain di dalam hunian agar tampak rapi dan indah. Alhasil, hunian pun akan terasa semakin nyaman karena fungsinya dapat dimaksimalkan tanpa mengurangi keindahannya.

Menggunakan desainer interior berarti menggunakan jasa mereka sehingga Anda harus membayar. Namun, harga untuk jasa desain interior Surabaya maupun di tempat lain tidak dapat disamaratakan. Pasalnya, setiap desiner interior dapat memasang harga tergantung tingkat kerumitan desain, dan banyak lagi faktor lainnya. Meski begitu, ada beberapa cara yang kerap dijadikan patokan untuk menentukan harga oleh para desainer, yaitu sebagai berikut:

  • Hanya menjual desain

Salah satu pekerjaan seorang desainer interior adalah mendesain atau merancang interior suatu ruangan. Biasanya, desain ini ditampilkan dalam bentuk gambar. Dari gambar tersebutlah seorang klien dapat melihat seperti apa hasil akhir dari ruangan yang didesain. Dengan kata lain, gambar itu merupakan panduan untuk membuat ruangan yang indah dan nyaman.

Ada desainer interior yang membantu dalam penataan ruang secara langsung, tetapi ada juga yang hanya menjual desain. Oleh karena itulah harga jasa desain interioryang hanya menjual desain pun sangat tergantung dari tingkat kerumitan desainnya.

  • Per meter persegi

Salah satu metode menentukan harga yang digunakan oleh desainer interior adalah berdasarkan luas ruangan. Dengan kata lain, harga atau tarif ditentukan per meter persegi. Artinya, semakin luas ruangan yang didesain, akan semakin mahal pula tarif atau harga yang harus dibayar. Tentunya, setiap kota atau daerah memiliki tarif yang berbeda-beda. Misalnya di Jakarta yang memasang harga sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 400 ribu per meter persegi.

  • Persentase

Selain menggunakan luas ruang yang didesain sebagai dasar untuk menentukan harga, ada juga desainer yang menggunakan persentase dari total biaya produksi. Maksudnya, harga atau tarif  yang harus dibayarkan tergantung dari total biaya produksi. Semakin mahal total biayanya, semakin besar pula harga yang harus dibayarkan kepada desainer interior.

Desainer interior yang menggunakan persentase dari total biaya produksi biasanya menetapkan tarif atau harga jasanya antara 2 – 5 persen dari total biaya produksi yang telah disepakati.

  • Design and build

Jika ingin praktis dan tinggal terima jadi, Anda dapat menggunakan jasa desainer interior yang melayani design and build. Dengan kata lain, mereka tidak hanya mendesain, tetapi juga membantu mengisi ruangan dengan perabotan tak terkecuali plafon, pemasangan lantai, pengecatan dinding, hingga lighting. Oleh karena itulah harga jasa desain interior Surabaya yang menggunakan metode ini dalam menetapkan harga sangat tergantung dari perabotannya.