Interior Apartemen Sederhana

Interior Apartemen Kecil Rekomendasi Tepat Untuk Anda Yang Memilikinya

Interior Apartemen Kecil – Tinggal di apartemen berukuran kecil mungkin tidak selalu nyaman, apalagi jika Anda tidak pintar dalam menata ruang. Perabotan di apartemen kecil jika tidak ditata sebaik mungkin akan terasa semakin kecil dan sempit, bahkan sumpek dan sesak. Untuk itu, diperlukan penataan ruangan yang tepat untuk apartemen kecil agar tidak mengesankan demikian.

Namun, mendekorasi apartemen yang memiliki ukuran kecil tidak semudah dan seleluasa mendekorasi apartemen berukuran besar. Anda harus dapat mengkreasikannya menjadi ruangan yang multifungsi. Bukan hanya multifungsi, Anda juga harus betul-betul memperhatikan ruangan seperti apa yang membuat Anda nyaman dan tidak merasa sempit. Sebab, tidak semua ruangan yang multifungsi membuat nyaman.

Untuk itu, diperlukan adanya kemampuan penataan terhadap interior ruangan apartemen, sehingga tercipta apartemen yang multifungsi, nyaman, dan membuat Anda betah berada di dalamnya. Berikut ini kami akan memberikan tips dan trik terbaik tentang bagaimana menata interior apartemen kecil agar terkesan luas, fungsional, sekaligus menarik secara visual. Simak yang berikut!

Tips Menata Interior Apartemen Kecil agar Lebih Nyaman

interior apartemen kecil
  1. Penataan secara vertikal

Langit-langit apartemen biasanya dibuat tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda manfaatkan untuk penataan ruang agar apartemen terlihat lebih luas. Caranya adalah dengan menyusun lemari secara vertikal atau membuat lemari nyaris setingi langit-langit ruangan apartemen Anda. Namun, jangan dibuat terlalu lebar, karena justru bisa membuatnya terlihat lebih sempit. Adanya lemari atau rak yang ditata secara vertikal akan membuat kesan apartemen terasa lebih luas.

  • Hindari rak atau lemari transparan

Rak transparan seperti rak pajangan yang diletakkan di apartemen dengan ukuran kecil, hanya akan membuat apartemen Anda semakin terasa kecil dan sempit. Apalagi, jika Anda membuat lemari dengan pintu transparan pada ruang apartemen kecil, kesan sesak akan semakin terasa.

  • Pasang cermin besar di salah satu sisi ruangan

Cara ini sebetulnya merupakan cara-cara lama, di mana untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas, Anda bisa meletakkan cermin di salah satu sisi ruangan. Metode ini bahkan sudah banyak dilakukan restoran-restoran, terutama rumah makan padang. Sebab, cermin memang bisa membuat efek pantul yang bisa membuat ruangan lebih luas dan pencahayaan pun lebih maksimal.

Jika budget Anda terbatas, tidak perlu meletakkan cermin besar. Anda bisa mensubtitusikan cermin besar dengan cermin-cermin kecil. Asal diletakkan di sisi yang tepat pada ruangan apartemen, maka ruangan apartemen yang kecil akan tetap terasa lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkan lemari dengan cermin besar yang tentunya lebih multifungsi.

  • Memilih partisi ruang yang transparan atau fungsional

Jika Anda membutuhkan partisi ruang pada apartemen kecil Anda, jangan ragu untuk menambahkannya. Partisi pada ruangan tidak akan membuat ruangan apartemen Anda semakin sempit jika memilih elemen yang tepat sebagai partisi. Anda bisa memilih kaca transparan atau furnitur fungsional utnuk dijadikan partisi di apartemen Anda.

Kaca transparan bisa dipilih sebagai partisi karena akan membuat ruangan tidak terasa begitu sempit, meski nyatanya ada pembatasan ruangan di apartemen kecil Anda. Jika menggunakan furnitur, Anda bisa menggunakan rak buku atau rak tanaman hias atau bisa juga menggunakan meja makan berbentuk bar, sehingga terlihat seperti pembatas ruangan antara ruang dapur dengan ruang tv, misalnya.

  • Sembunyikan lemari pada dinding

Menyembunyikan di sini maksudnya adalah membuat lemari yang sekaligus berfungsi sebagai tembok ruang apartemen. Ini lebih efisien dan terlihat maksimal dibandingkan jika Anda harus menggunakan lemari konvensional yang biasanya akan memakan ruangan, sehingga justru lebih memberikan kesan sempit pada apartemen Anda.

Dengan ‘menyembunyikan’ lemari Anda dan memfungsikannya sama seperti dinding, maka ruangan apartemen pun akan terasa lebih lega. Sehingga, Anda memiliki ruangan lebih untuk melakukan kegiatan lainnya pada ruangan yang sama. Anda juga bisa menambahkan cermin pada lemari agar furnitur yang Anda gunakan terasa lebih fungsional.

  • Ciptakan kamar tidur yang multifungsi

Selain lemari yang bisa dibuat multifungsi, Anda juga bisa memaksimalkan ruang tidur dengan membuat ranjang yang bisa dibuat multifungsi. Misalnya, membuat ranjang yang bisa dilipat ke arah dinding. Saat ranjang dilipat dan berfungsi sama seperti tembok apartemen, Anda bisa menjadikannya sofa tanpa lengan dan gunakan meja yang bisa dibongkar-pasang.

Jika ada banyak tamu, ruangan ini juga bisa dijadikan area kumpul-kumpul dengan menggelar karpet lesehan atau membuat meja menjadi ruang makan bersama. Dengan begitu, ruangan apartemen kecil Anda akan terasa semakin luas dan bisa dimanfaatkan untuk ruangan atau kegiatan lainnya.

  • Pilih warna-warna terang, pastel, atau monokromatik

Tips yang satu ini mungkin tidak terlalu tricky untuk diaplikasikan pada apartemen kecil Anda. Sebab, sudah banyak yang menggunakan metode ini untuk membuat sebuah ruangan menjadi terlihat lebih luas atau lega, yaitu dengan lebih banyak memberikan sentuhan warna-warna netral pada apartemen Anda. Warna-warna yang dimaksud, seperti putih, hitam, crème, soft pink, dan sebagainya.

Utamakanlah pemilihan warna terang, karena akan membuat mata terasa jauh jarak pandangnya, sehingga memberi kesan luas pada ruangan. Jangan terlalu memakai banyak warna pada apartemen yang kecil, karena akan membuat jarak pandang lebih pendek dan mengesankan ruangan lebih sempit. Pilih juga furnitur dengan warna yang senada seirama dengan ‘mood’ ruangan atau dinding apartemen Anda.

  • Jangan terlalu memasang banyak pajangan menggantung

Pajangan menggantung, seperti foto atau lukisan memang banyak diminati pemilik apartemen. Hal in dilakukan bisa jadi sebagai salah satu hobi atau memang sekadar ingin memunculkan memori pada sebuah ruangan. Sebenarnya sah-sah saja hal ini dilakukan, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penataannya.

Pertama, pemilihan warna pajangan. Sebaiknya memilih pilih warna-warna pajangan yang tidak terlalu mencolok, misalnya foto memori yang dibuat monokromatik. Kedua, pilih bingkai yang tidak terlalu banyak ukir-ukiran. Ketiga, pilih lukisan yang sederhana dan tidak terlalu banyak pola. Keempat, pasang pajangan berjarak dan jangan diletakkan bertumpuk pada satu sisi. Cara ini akan membuat ruangan terasa penuh.

Tentu saja untuk menata interior apartemen kecil Anda agar terlihat lebih nyaman akan membutuhkan banyak waktu, pikiran, tenaga, dan bisa jadi biayanya juga tidak sedikit. Oleh karenanya, untuk memangkas biaya, waktu, pikiran, bahkan tenaga Anda, sebaiknya gunakan jasa interior apartemen di Surabaya khusus untuk kota Surabaya agar beban Anda perihal interior apartemen bisa sedikit terlepaskan.

Jangan khawatir, mengeluarkan budget untuk jasa interior akan terbayar setelah hasilnya. Sebab, jasa interior apartemen tentunya merupakan orang yang berpengalaman di bidangnya. Dengan menggunakan jasa interior apartemen, justru Anda akan mendapatkan apartemen impian tanpa harus membuang-buang biaya yang tidak diperlukan, waktu, tenaga, bahkan pikiran. Anda jadi bisa fokus pada urusan yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *