dekorasi interior ruang tamu apartemen

Interior Apartemen Ruang Tamu Yang Bisa Jadi Inspirasi

Interior Apartemen Ruang Tamu – Tinggal di kota besar menjadi pilihan bagi sebagian orang. Lapangan pekerjaan yang dianggap lebih banyak, fasilitas yang lebih memadai, dan berbagai hal lainnya menjadi faktor masyarakat Indonesia memilih merantau ke kota besar, seperti Jakarta.

Akan tetapi, hal tersebut justru menimbulkan persoalan lain, yakni pemukiman yang padat penduduk, kurangnya lahan resapan air, dan lain sebagainya. Hal itulah yang membuat harga tanah dan bangunan di kota Jakarta sekarang ini sangat mahal dan sulit dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Namun, sekarang ini sudah banyak hunian vertikal, seperti apartemen dan rumah susun. Kedua hunian tersebut dinilai sebagai alternatif pilihan yang tepat di tengah harga rumah yang sangat mahal. Selain itu, hunian vertikal, seperti apartemen dinilai lebih cocok bagi generasi millennial saat ini. Apalagi saat ini sudah banyak apartemen yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Adapun beberapa fasilitas tersebut antara lain ATM, taman bermain, kolam renang, restoran, dan masih banyak lagi.

dekorasi interior ruang tamu apartemen

Bagi Anda yang saat ini tinggal di apartemen, pasti akan dibuat bingung dengan desain interior untuk apartemen, terutama untuk bagian ruang tamu. Kebingungan ini biasa dirasakan oleh pemilik apartemen karena konsep ruang tamu yang berbeda dengan rumah. Ruang tamu dan ruang keluarga di dalam sebuah apartemen secara umum menjadi satu. Jika Anda masih merasa bingung dengann desain interior yang tepat, berikut ini adalah beberapa inspirasi interior apartemen ruang tamu.

  • Menggunakan Furniture Berwarna Terang

Warna terang dapat digunakan pada interior apartemen ruang tamu karena bisa memantulkan cahaya matahari. Dengan begitu, maka ruang tamu Anda akan terlihat lebih luas. Apabila Anda merasa bingung dalam pemilihan warnanya, maka Anda dapat menggunakan tema hitam dan putih sebagai pilihan yang tepat. Namun, tentu furniture dengan warna putih komposisinya harus lebih banyak.

  • Memilih Sofa Berkaki

Menggunakan sofa berkaki akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas karena terdapat area di bawah sofa. Ruang tamu akan semakin terlihat luas jika Anda memilih sofa dengan gaya slim. Selain itu, sofa berkaki ini juga dapat memudahkan Anda ketika membersihkan ruangan di apartemen.

  • Membuat Ruangan Terbuka

Bagi Anda yang memiliki ruang tamu apartemen minimalis, maka disarankan untuk memilih furniture yang lebih rendah dan tidak bersekat. Ruang tamu yang terbuka dapat menciptakan kesan ruangan yang nyaman dan juga luas. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan karpet berbulu dengan konsep warna yang sama seperti ruang tamu Anda. Konsep interior apartemen ruang tamu ini membuat setiap jengkal ruang kosong bisa dioptimalkan.

  • Letakkan TV di Ddinding

TV yang diletakkan pada dinding akan membuat interior apartemen ruang tamu Anda terlihat semakin luas. Selain itu, tatanan atau konsep ruang tamu juga menjadi lebih elegan, glamour, namun tetap minimalis sesuai dengan konsep awalnya.

  • Meletakkan Lemari dan Meja Berdekatan

Lemari dan juga meja yang diletakkan secara berdekatan dapat menghemat penggunaan tempat pada ruang tamu Anda. Selain itu, kedua barang tersebut juga menjadi multifungsi. Nantinya lemari dapat digunakan untuk meletakkan barang dan meja dapat digunakan sebagai meja kerja ataupun meja belajar.

  • Memanfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Luas ruangan yang terbatas membuat Anda harus pandai memanfaatkan setiap sudut ruangan. Supaya ruang tamu terlihat lebih cantik, Anda dapat menambahkan lampu dinding, kursi tambahan, tanaman hias, dan furniture lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sofa kecil di sudut ruangan untuk menciptakan ruangan yang lebih santai.

  • Menggunakan Gorden Berukuran Besar

Gorden dengan ukuran yang lebih besar daripada jendela atau berada tepat di atas jendela akan membuat jendela Anda telihat jauh lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, jika Anda memasang gorden lebih lebar dari ukuran jendela, hal tersebut akan membuat jendela terlihat lebih besar. Dengan begitu, maka interior apartemen ruang tamu Anda akan telihat lebih lega dan luas.

  • Warna Gorden sama dengan Cat Tembok

Cat tembok pada dinding Anda disarankan untuk memiliki warna yang sama dengan warna gorden. Tujuannya adalah untuk membuat ruang tamu terlihat tanpa sekat dan terkesan lebih luas.

  • Menggunakan Rak Gantung

Rak gantung atau lemari berbentuk vertikal memang selalu menjadi pilihan furniture yang paling tepat untuk interior apartemen ruang tamu yang kecil. Penggunaan rak gantung ini akan membuat apartemen Anda terlihat lebih luas karena tidak memakan banyak tempat. Nantinya rak gantung dapat digunakan untuk meletakkan berbagai barang koleksi Anda.

  • Meletakkan Cermin dengan Ukuran Besar

Salah satu solusi untuk membuat ruang tamu apartemen minimalis terlihat lebih luas adalah dengan meletakkan cermin berukuran besar. Cermin ini dapat diletakkan berlawanan dengan jendela supaya dapat memantulkan cahaya yang membuat ruang tamu terkesan lebih luas. Tidak hanya bisa membuat ruangan terlihat lebih lapang, meletakkan cermin di ruang tamu juga membuat Anda mengecek penampilan sebelum bepergian ke luar.

  • Menata Bingkai Foto

Penataan bingkai foto pada interior apartemen ruang tamu perlu dilakukan dengan baik supaya bisa menjadi hiasan yang menarik pada ruang tamu Anda. Anda bisa menyusun bingkai foto tersebut dengan berbagai bentuk, seperti hati. Selain itu, pastikan jika Anda memajang bingkai foto bersama orang-orang terkasih.

  • Meletakkan Tanaman Hijau

Selain membuat ruangan menjadi terlihat lebih segar, meletakkan tanaman hijau pada sudut ruang tamu juga akan membuatnya terlihat lebih asri dan nyaman. Selain itu, tanaman hijau pun dapat meningkatkan mood seseorang. Jadi, pastikan Anda meletakkan tanaman hijau pada ruang tamu Anda, ya.

  • Menggunakan Beanbag

Beanbag sangat cocok digunakan untuk menciptakan ruangan yang sangat. Selain itu, beanbag ini juga dapat dipindahkan kemana saja dan tidak memakan terlalu banyak tempat.

Itulah beberapa inspirasi interior apartemen ruang tamu yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Sebenarnya jumlah dan ukuran furniture yang digunakan harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan itu sendiri. Dikarenakan apartemen mempunyai banyak tipe ruangan, maka Anda harus mengetahui kapasitas ruang tamu pada apartemen Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mulai mencari berbagai furniture dan hiasan yang bisa diletakkan pada ruang tamu apartemen.

Bagi Anda yang masih bingung dalam mengaplikasikan inspirasi desain interior apartemen ruang tamu seperti di atas, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa desain interior yang saat ini dapat dengan mudah Anda temukan, baik secara online maupun offline. Akan tetapi, Anda harus siap untuk mengeluarkan bujet yang lebih besar guna membayar jasa mereka.

Nantinya pihak jasa desain interior tersebut akan membantu Anda dalam menentukan interior dan furniture seperti apa yang cocok dengan kondisi apartemen Anda. Tidak hanya itu, mereka juga dapat menyesuaikan konsep ataupun tema yang Anda inginkan. Jadi, Anda tidak perlu merasa kebingungan lagi dalam mencari furniture yang cocok untuk ruang tamu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *