warna apartemen yang cerah dan netral

Warna Interior Apartemen Yang Cocok Anda Gunakan

Warna Interior Apartemen – Selain desain furniture yang menarik, ruangan apartemen dapat dihias agar tampak lebih indah dengan mengaplikasikan warna yang cocok dan serasi. Dibandingkan dengan detail dari setiap furniture, warna adalah salah satu elemen desain interior apartemen sederhana yang terlebih dulu diperhatikan. Karena itulah pemilihan serta pengaplikasian warna yang tepat pada ruangan apartemen merupakan langkah yang sangat penting.

Pemilihan warna yang serasi akan membuat ruang apartemen menjadi lebih cantik dan indah. Sebaliknya, pemilihan warna yang tidak tepat atau tidak selaras dengan konsep apartemen akan membuat suatu warna menjadi sangat menonjol dalam artian negatif. Karena itulah pemilihan warna untuk interior apartemen perlu dilakukan dengan seksama.

Penggunaan warna yang sama pada setiap ruangan di dalam apartemen dapat membuat apartemen terkesan monoton yang mungkin akan membuat Anda cepat merasa bosan. Jika Anda tidak ingin terlalu terpaku pada satu warna dan ingin memberikan kesan yang berbeda-beda pada ruangan apartemen, Anda dapat mengaplikasikan warna yang berbeda-beda pada setiap ruangan. Tentunya, dibutuhkan kemampuan untuk mencocokkan satu warna dengan warna yang lain agar tampak selaras dan menghasilkan desain interior apartemen yang indah serta jauh dari kesan monoton.

Tips Memilih Warna Interior Apartemen

Warna Interior Apartemen

Dinding merupakan salah satu bagian yang menonjol dari sebuah apartemen. Warna yang diaplikasikan pada dinding dapat menjadi warna dominan dan menjadi daya tarik utama yang akan mempengaruhi kesan keseluruhan pada suatu ruangan apartemen. Karena itulah warna cat dinding perlu dipilih dengan seksama agar warna yang dipilih dapat meningkatkan nilai estetika dari ruangan apartemen secara keseluruhan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan dalam memilih warna cat untuk dinding apartemen Anda.

  • Pilih warna yang atraktif

Warna adalah elemen yang akan memberikan kesan pada ruangan apartemen pada pandangan pertama. Karena itulah sangat disarankan agar warna cat dinding yang dipilih adalah warna yang atraktif atau menarik. Maksudnya, warna interior apartemen yang dipilih sebaiknya memiliki karakter yang tidak terlalu terang atau terlalu lembut, yaitu warna-warna yang meskipun tidak terlau mencolok tapi mampu memberikan kesan menarik dan hidup pada ruangan apartemen. Beberapa warna yang dapat dipilih untuk membuat ruangan apartemen tampak lebih indah di antaranya warna pastel, putih, biru, toska, lemon dan hitam putih atau monochrome.

Warna interior apartemen yang termasuk golongan warna atraktif adalah warna pastel. Penggunaan warna pastel selain dapat membuat ruangan pada apartemen lebih menyala juga dapat memberikan kesan tenang pada apartemen. Dengan mengaplikasikan warna pastel pada ruangan apartemen, Anda dapat menghemat energi listrik karena ruang apartemen Anda menjadi terang dengan warna tersebut. Warna pastel bahkan dapat membuat ruang apartemen menjadi lebih dinamis, lebih modern dan lebih modis. Salah satu contoh warna pastel adalah spruce blue green yang dapat memberikan kesan yang tenang serta menyegarkan.

Selain menggunakan warna pastel, Anda juga bisa menggunakan warna putih untuk memperindah apartemen. Penggunaan warna putih tidak hanya memberikan kesan lebih luas pada ruangan apartemen tetapi juga membuat apartemen tampak lebih bersih serta terlihat elegan. Karena itulah penggunaan warna putih sering ditemukan pada apartemen yang bergaya minimalis.

Penggunaan warna biru pada ruangan apartemen dapat memberikan kesan yang teduh. Kesan teduh pada apartemen akan semakin bertambah jika warna tersebut dikombinasikan dengan furniture berbahan kayu yang mampu memberikan kesan alami. Aplikasi warna biru pada ruangan apartemen juga dapat dikombinasikan dengan gradasi warna putih maupun warna kreme agar tidak terkesan monoton.

Warna toska yang merupakan perpaduan antara warna biru dan hijau juga dapat dijadikan pilihan untuk menghias ruangan apartemen Anda. Sayangnya, warna toska yang termasuk warna langka ini membutuhkan teknik khusus dalam memadukan warna agar warna yang dihasilkan tampak proporsional dan dapat dipadukan dengan warna yang lain.

Warna lemon selain dapat memberikan kesan yang natural juga mampu memberikan kesan yang unik dan menyegarkan pada ruangan apartemen. Warna yang mampu memberikan kesan tropis ini dapat diterapkan di ruang tamu maupun kamar tidur.

Monochrome atau hitam putih dapat memberikan kesan artistik serta elegan. Dengan aplikasi warna monochrome serta penataan ruang yang apik, apartemen Anda dapat menjadi lebih enak untuk dipandang.

  • Hindari warna gelap

Warna cat yang gelap sangat tidak disarankan untuk diaplikasikan pada apartemen. Selain membuat apartemen menjadi kurang hidup baik pada siang maupun malam hari, warna interior apartemen yang gelap juga menyebabkan Anda harus menyalakan sumber cahaya atau lampu setiap saat agar ruangan apartemen tampak lebih terang dan jelas. Dengan kata lain, warna cat yang gelap justru mengurangi fungsional dari ruang apartemen dan membuat ruang apartemen terkesan suram.

  • Gunakan warna yang bervariasi

Mengaplikasikan gradasi warna intrerior apartemen pada ruangan apartemen dapat menjadi langkah yang tepat. Selain dapat memperindah ruangan apartemen, aplikasi gradasi warna juga dapat menghindarkan ruangan apartemen dari kesan monoton. Tentunya, Anda perlu memilih warna yang senada sebelum mengaplikasikan gradasi warna pada ruangan apartemen. Hal terpenting sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan gradasi warna adalah tentukan terlebih dahulu apakah konsep tersebut sesuai dengan desain interior apartemen Anda.

  • Sesuaikan warna furniture

Furniture adalah elemen interior apartemen yang perlu dipilih setelah menentukan warna cat dinding. Karena furniture dan warna cat dinding akan disandingkan, sebaiknya Anda memilih furniture dengan warna yang senada atau serasi dengan warna cat dinding yang telah dipilih. Tentunya, warna menjadi kriteria kesekian yang harus dipertimbangkan saat memilih furniture setelah sisi fungsional dan tata letak dari furniture tersebut.

Untuk menghias apartemen, lebih baik memilih furniture yang minimalis dan serbaguna sehingga ruang gerak Anda bisa menjadi lebih leluasa. Misalnya untuk sisi modern dan unik, Anda bisa memadukan warna hijau dengan warna metalik yang lebih cerah. Agar ruangan tampak lebih nyaman dan lebih fresh.

  • Konsultasi dengan ahli

Memilih serta mengombinasikan warna untuk memperindah apartemen bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kemampuan serta keahlian untuk mengombinasikan warna agar menghasilkan desain interior yang indah dan sesuai dengan harapan. Selain menentukan warna sendiri, Anda juga dapat meminta bantuan dari orang-orang yang berkecimpung di dunia desain interior yaitu orang-orang yang sudah ahli. Terlebih bagi Anda yang awam dengan desain interior.

warna apartemen yang cerah dan netral
Foto by Grid.ID

Karena itulah bagi Anda yang masih awam dalam hal desain interior, Anda bisa meminta bantuan ahlinya melalui sesi konsultasi. Melalui sesi konsultasi inilah Anda akan mendapat gambaran tentang desain interior apartemen yang akan diaplikasikan. Tentunya, Anda tetap bisa mengungkapkan pendapat serta keinginan Anda terkait dengan warna yang diinginkan maupun konsep dasar dari desain interior yang Anda inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *