Biaya Jasa Desain Interior Apartemen Yang Wajib Anda Ketahui

Biaya Jasa Desain Interior Apartemen – Apartemen merupakan bangunan yang lebih banyak dicari sebagai hunian dengan harga jual ataupun sewa yang cukup tinggi. Biasanya, orang yang memiliki apartemen adalah sesorang dengan pendapatan ke atas. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan orang dengan pendapatan menengah dapat tinggal di apartemen.

Kesan mewah yang muncul dari apartemen menjadi daya tarik tersendiri. Untuk memperindah bagian dalam  apartemen terlebih yang masih unfurnish atau kosong, maka perlu banyak hal yang harus dilengkapi. Maka dari itu perlu jasa desain interior apartemen yang handal dan terpercaya.

Untuk memperoleh desain interior yang berkelas tinggi, maka jangan diragukan untuk biaya desain interior apartemen. Biaya tersebut akan sangat bervariatif tergantung dengan gaya yang akan ditimbulkan. Terlebih para vendor akan memilih furniture sesuai dengan harga pabrik dan kualitas tinggi

Untuk bentuk barang yang bervariatis akan sangat tepat jika dirancang dan ditata oleh ahlinya. Pemilihan konsep yang tepat akan membuat apartemen semakin menarik dan nyaman untuk dihuni. Sebelum mengenal besarnya biaya jasa desain interior apartemen, perlu diketahui pula kelebihan menggunakan jasa ini, diantaranya:

  1. Akan lebih fleksibel dan luwes dalam hal komunikasi personal
  2. Klien atau pemilik dapat memilih desain yang diinginkannya
  3. Pemilihan furnitur dengan menyesuikan bentuk dari ruangan itu sendiri. Sehingga akan lebih tampak seimbang atau pas jika diaplikasikan
  4. Memiliki jaminan dan garansi, sehingga akan lebih aman jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai. Pihak jasa akan mempertimbangkan dan bertanggungjawab langsung
  5. Diinstal dan dikirim ke tempat atau lokasi apartemen sampai dengan beres tanpa ada pekerjaan yang tertinggal, dalam artian sempurna

Komposisi ruang dana penataan furnitur harus disesuaikan dengan penggunaan bahan baku yang sekiranya pas dengan desain interiornya. Pemilihan bahan baku akan lebih terlihat berkelas, akan sangat memperindah apartemen. Oleh karenanya, para vendor biasanya menawarkan konsep beserta bahan yang digunakan kepada pemilik apartemen.

Bahan-bahan yang sering digunakan antara lain adalah bahan untuk tema klasik, industrial, basic, minimalis dan lainnya. Penggunaan bahan juga sebagai pertimbangan biaya jasa desain interior apartemen. Berikut beberapa bahan yang sering digunakan oleh para vendor antara lain:

  1. Bermacam-macam bahan dari kayu
  2. Playwood

Playwood merupakan campuran antara kayu dengan lem perekat yang dikompres dengan teknologi khusus bertekanan tinggi. Karena terbuat dari bahan kayu yang tipis, maka harganya akan lebih terjangkau. Waalupun demikian, kualitas yang ditampilkan tinggi dan cocok untuk penampang yang luas. Sebab kadar air yang sedikit sehingga tidak akan berubah.

  • Kayu Padat atau Kayu Solid

Kayu solid merupakan kayu berkualitas tinggi, padat dan tanpa campuran bahan lain atau asli. Yang termasuk kayu solid antara lain kayu pinus, jati, mindi dan sungkai. Kayu-kayu ini walupun memiliki kadar air yang cukup tinggi, akan tetapi tidak mudah berubah. Selain itu, akan memberikan sentuhan klasik yang begitu elegan.

Maka karenanya, tidak heran jika biaya jasa desain interior apartemen dengan bahan kayu sebagai bahan utama ini sangat mahal. Hasilnyapun akan sangat memukau dan mewah pastinya.

  • Veneer

Veneer merupakan bongkahan kayu yang diiris secara tipis untuk bahan yang menyelimuti beberapa aksen yang tepat. Bahan kayu yang digunakan adalah kayu solid dengan kualitas yang tinggi. Setiap kayu yang diiris akan menghasilkan motif yang beragam sehingga lebih mudah untuk dipadukan dan akan terlihat cantik.

  • Beragam bahan dari besi

Selain menggunakan bahan kayu, pada bagian interior juga menggunakan bahan besi yang tidak kalah kualitasnya. Dengan pengaplikasian yang tepat akan memberikan kesan maskulin, serta mewah dan elegan. Dengan teknologi yang canggih akan lebih mudah jika ditata pada ruang dengan konsep tertentu.

Bahan-bahan besi yang sering digunakan adalah stainless steel yang merupakan metal anti karat sehingga lebih tahan lama. Kemudian dapat pula menggunakan bahan hollow metal dan solid metal. Pada hollow metal, bagian besi memiliki rongga yang kosong sehingga akan lebih ringan. Berbeda dengan solid metal yang menggunakan bahan besi yang berat namun kokoh.

Selain bagian interior, biaya jasa desain interior apartemen juga dilengkapi dengan berbagai furnitur yang dipilih dan diperlukan pemilik.

Biasanya menggunakan Laminasi atau HPL (High Pressure Laminate) dengan bahan sintesis dan tekanan yang tinggi. Sehingga akan mudah untuk dibersihakan. Selain mudah dibersihkan juga ramah lingkungan, dengan begitu akan meminimalisr bahan kimia berlebih.

Tarif jasa desain interior apartemen

Selain bahan dan juga furnitur yang digunakan, besarnya biaya jasa desain interior apartemen juga akan menghitung beberapa hal yang disesuaikan, seperti permeter persegi, berdasarkan gambar per view atau berdasarkan presentase. Berikut ini penjelasannya.

  • Biaya jasa desain interior apartemen berdasarkan gambar per view

Semakin banyak dan kompleks yang dibutuhkan dan ditawarkan di setiap sudut dan gambar, maka baiayanya juga akan semakin mahal. Perhitungan harga dengan cara ini mulai dari 800 ribu rupiah per sudut atau viewnya.

  • Biaya jasa desain interior apartemen berdasarkan presentase

Semakin luas tempat atau lahan yang memerlukan jasa desain, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Untuk biaya jasa, pada umumnya hanya sekitar 3% – 10% dari total seluruh biaya yang dikeluarkan. Tidak mungkin melebihi dari 10%, karena akan sangat memberatkan.

  • Biaya jasa desain interior apartemen berdasarkan luas permeter persegi
biaya jasa desain interior apartemen

Untuk perhitungan biaya jasa desain interior apartemen berdasarkan luas ruangan yang di desain ini mulai dari 250 ribu per meternya. Biaya ini bukanlah biaya yang pasti, biaya dapat berteambah atau berkurang sesuai dengan kesepakatan awal.

Adanya patokan biaya yang seperti ini diharapkan akan lebih efisien dalam mematok anggaran. Dengan demikian, pihak pemilik apartemen akan lebih mudah mengatur budget yang pas. Untuk biaya keseluruhan sesuai item bisa mencapai angka 40 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya tukang, akaomodasi dan pemasangan yang membutuhkan ketrampilan dan ketelitian khusus.

Itulah beberapa hal terkait biaya jasa desain interior apartemen yang bisa memberikan gambaran bagi Anda untuk menentukan desain yang pas untuk apartemen pribadi. Harga tawar yang semakin tinggi akan menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi pula.

Pada dasrnya, besarya biaya dan pilihan desain tergantung pada kesepakan antara Anda sebagai klien dan pihak desainer itu sendiri. Akan tetapi harus tetap adanya pengawasan dan pengendalian. Mengingat, biaya merupakan hal yang sensitif dan harus dirinci agar tidak terjadi kesalahan dan kecurangan.

Kecurangan yang dimaksud adalah penipuan. Maka dari itu, sebelum menetapkan penggunaan jasa desain interior, harus terlebih dahulu mencari informasi yang tepat dan mendukung.

Jika seperti itu, maka akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk meminimalisir biaya jasa desain interior apartemen, bisa memilih desain minimalis yang sederhana akan tetapi tetap stylies dan terlihat elegan serta mewah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *