cara menata interior apartemen

Cara Menata Interior Apartemen Agar Telihat Rapi dan Cantik

Bermain dengan interior berarti bermain dengan tata letak perabotan serta furnitur dalam sebuah ruangan. Meski begitu, mengatur tata letak furnitur dan interior tidak bisa dilakukan secara sembarangan.Pada kenyataannya, cara menata interior apartemen sangat penting karena interior memegang peran penting dalam menciptakan keindahan bahkan rasa nyaman dalam sebuah ruangan apartemen.

Untuk mengatur interior ruangan agar tampak indah, dibutuhkan perabot dan furnitur yang tepat. Tanpa perabot dan furnitur yang tepat, pengaturan interior tidak akan berhasil dengan baik.

Karena itulah pemilihan perabot dan furnitur yang tepat sangat diperlukan mengingat keberhasilan penataan interior apartemen sangat bergantung pada pemilihan furnitur yang digunakan.

Furnitur, Elemen Penting dalam Apartemen

Furnitur merupakan elemen wajib yang harus ada dalam sebuah ruangan, termasuk ruangan apartemen. Anda tidak bisa hanya mengandalkan sebuah ruangan atau bangunan tanpa furnitur.

Bangunan apartemenmu tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa furnitur karena pada dasarnya bangunan apartemen hanyalah sebuah tempat bagi Anda untuk berteduh dan menetap.

Keberadaan furniturlah yang membuat Anda bisa memaksimalkan ruang apartemen tempat berteduh tersebut. Anda membutuhkan tempat tidur untuk bisa tidur, meja untuk bekerja, kursi untuk duduk dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, furniturlah yang memaksimalkan fungsi sebuah bangunan dan keberadaannya memungkinkan Anda untuk beraktifitas.

Karena itulah pemilihannya pun sangat penting untuk diperhatikan mengingat kegiatan sehari-hari Anda tidak terlepas dari penggunaan furnitur. Pemilihan furnitur umumnya didasarkan pada selera orang yang akan memakai furnitur tersebut.

Meski begitu, pemilihan furnitur tidak bisa hanya didasarkan pada selera pemakai saja. Pemilihan furnitur juga harus didasarkan pada faktor lain seperti ukuran ruangan tempat furnitur akan diletakkan dan yang paling penting adalah harus didasarkan pada fungsi serta kegunaan furnitur tersebut.

Pentingnya Pengaturan Interior

Meskipun memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia, hanya membeli furnitur dan meletakkannya secara sembarang di dalam apartemen tidak bisa dilakukan.

Furnitur perlu diatur sedemikian rupa agar menghasilkan ruangan apartemen yang indah dan nyaman. Karena itulah diperlukan pengaturan interior atau tata letak furnitur tersebut.

Ruangan yang rapi dan tertata dengan baik tentu akan memberikan kesan yang menyenangkan terhadap penghuninya. Selain itu, ruang yang tertata dengan baik juga akan membuat penghuni apartemen merasa nyaman dan betah tinggal di dalam apartemen tersebut. Karena itulah cara menata interior apartemen merupakan langkah yang sangat penting.

cara menata interior apartemen
Foto by Blibli.com

Cara menata interior apartemen perlu disesuaikan dengan kondisi apartemen yang tersedia. Pada dasarnya, penataan interior apartemen harus disesuaikan dengan ukuran apartemen karena apartemen tersebutlah yang akan menampung furnitur dan perabotan. Karena itulah hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menentukan cara penataan interior apartemen adalah luas dan ukuran apartemen.

Setelah luas dan ukuran apartemen diketahui, barulah dilakukan pemilihan furnitur serta perabot yang juga harus disesuaikan dengan ukuran apartemen.

Karena itu Anda perlu mengerti dan memahami ukuran apartemen Anda dengan detail. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan furnitur dan perabot mana yang akan Anda pilih untuk mengisi ruang apartemen Anda.

Tips Menata Interior dalam Apartemen

Untuk menata interior dalam apartemen, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut tips cara menata interior apartemen Anda agar tampak rapi dan homy.

  • Manfaatkan dinding apartemen sebaik mungkin

Menata interior apartemen dengan luasan yang terbatas dan sempit membutuhkan usaha ekstra. Karena ruangan yang sempit dan terbatas, maka Anda harus memutar otak dan mencari cara menata interior apartemen agar interior apartemen Anda bisa sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Jika Anda menghadapi situasi seperti di atas, Anda bisa menggunakan dinding sebagai tempat menempelkan perabotan agar apartemen Anda bisa tampak lebih luas.

Anda bisa memilih perabotan yang bisa dipasang di dinding seperti lemari kabinet atau rak buku kecil. Anda juga bisa menggunakan dinding sebagai tempat menempelkan hiasan untuk mempercantik apartemen Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan lebih banyak ruang untuk beraktifitas tanpa merasa sesak maupun pengap.

  • Manfaatkan furnitur sebagai agen penyekat

Dengan model apartemen studio yang hanya terdiri dari satu ruangan tanpa penyekat, Anda mungkin akan bingung dan kesulitan dalam menata furnitur.

Karena itulah Anda bisa memberikan penyekat sebagai pembatas ruangan dalam model apartemen tersebut agar terlihat batasan yang jelas pada bagian ruangan tertentu. Setelah itu, baru Anda bisa menambahkan furnitur dan elemen lain untuk memperindah ruangan apartemen.

Untuk menghemat ruang, Anda bisa menggunakan furnitur sebagai pengganti dinding. Dengan begitu, batas antar ruang bisa terlihat jelas tanpa memberikan kesan sempit.

Anda bisa menggunakan lemari sebagai penyekat antara ruang tidur dengan ruangan lain. Atau bisa juga menggunakan penyekat yang bisa dimanfaatkan sebagai hiasan sekaligus untuk mempercantik ruangan apartemen Anda. 

  • Gunakan furnitur yang fungsional

Furnitur yang fungsional wajib digunakan dalam apartemen agar penggunaan furnitur tidak berlebihan. Dengan kata lain, pilihlah furnitur yang memiliki banyak fungsi sekaligus untuk digunakan dalam apartemen. Selain itu, pillihlah furnitur yang tepat berdasarkan ukuran atau luasan apartemen Anda.

Penggunaan furnitur yang memiliki banyak fungsi sekaligus bisa menghemat ruang. Selain itu, penggunaan furnitur yang multifungsi juga bisa mengurangi kuantitas furnitur yang harus Anda pakai di apartemen Anda.

Selain perlu memerhatikan fungsi, ukuran furnitur juga perlu diperhatikan. Furnitur yang berukuran kecil direkomendasikan untuk apartemen yang berukuran kecil dan sempit dibandingkan furnitur berukuran besar. Itu karena furnitur yang besar bisa membuat apartemen yang sejak awal sempit menjadi semakin sempit.

  • Pilih tirai berbahan tipis

Tirai yang tebal akan mencegah cahaya dari luar masuk ke dalam ruangan apartemen. Apartemen yang sempit membutuhkan lebih banyak cahaya sehingga sebaiknya gunakan tirai yang berbahan tipis untuk menutup jendela.

Selain menambah intensitas cahaya yang masuk, penggunaan tirai yang tipis juga bisa mempengaruhi suasana hati Anda. Semakin sedikit cahaya yang masuk, ruangan apartemen akan terkesan suram dan bisa mempengaruhi mood Anda. Sebaliknya, ruangan apartemen yang cerah akan membuat suasana hati Anda lebih baik dan akan berdampak pada produktivitas Anda.

  • Gunakan cermin

Cermin memiliki sifat untuk memantulkan cahaya dan bayangan suatu benda. Karena itulah keberadaan cermin dalam ruangan apartemen akan memberikan kesan luas pada ruangan. Gunakan cermin yang besar untuk memberikan kesan luas pada ruangan apartemen Anda.

Selain menyebabkan ilusi yang memberikan kesan luas pada apartemen, cermin juga bisa membuat apartemen menjadi lebih terang karena sifatnya yang memantulkan cahaya.

Demikian tips cara menata interior apartemen agar tampak rapi dan nyaman. Anda bisa menggunakan ide interior apartemen di atas sebagai pedoman dalam menata interior apartemen sehingga apartemen Anda bisa menjadi hunian yang nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *