Ide Interior Apartemen Yang Beragam

Pada dasarnya untuk mendesain ruang apartemen tidak ada aturannya. Semua orang bisa membuat ruangan tersebut sesuai dengan desain yang diinginkan. Bagian dalam apartemen dapat dibuat sesuka hati supaya nyaman dan cocok dengan pemiliknya. Namun untuk beberapa orang bingung menentukan desain ruang apartemen sehingga mencari ide interior apartemen ke banyak sumber.

Desain-desain untuk apartemen, mulai dari yang mewah hingga yang modern minimalis sebenarnya banyak dan mudah ditemukan di internet. Hanya untuk referensi, berikut adalah beberapa konsep atau gaya untuk menata interior pada ruang apartemen.

Jasa Interior Apartemen Surabaya juga memberikan Anda pilihan konsep untuk penataan interior, sehingga membuat apartmen Anda menjadi tempat yang paling nyaman.

Beragam Ide Interior Apartemen Yang Bisa Anda Gunakan

  • Apartemen bergaya minimalis
ide interior apartemen minimalis

Minimalis menjadi salah satu konsep modern yang banyak diminati. Ciri khas dari interior untuk ruang apartemen bergaya minimalis adalah perlengkapan interior yang berukuran praktis dan fungsional. Untuk ide interior apartemen bergaya minimalis, Anda dapat menggunakan berbagai interior minimalis seperti sofa minimalis, karpet minimalis, dan stand lamp untuk menambah kesan modern.

Pilihan lainnya adalah dengan memilih cat atau perabot yang berwarna putih. Warna putih akan lebih mampu menampilkan kesan minimalis. Warna putih pula dapat memberi kesan luas pada ruang apartemen minimalis yang umumnya tidak terlalu luas.

Ruangan apartemen bergaya minimalis yang perlu diperhatikan adalah tidak memberikan terlalu banyak interior atau pun memilih banyak warna. Gaya minimalis cukup dengan warna-warna netral. Untuk menghidupkan ruangan Anda bisa menambah interior dengan warna kontras tetapi hanya satu warna.

  • Apartemen bergaya vintage
apartemen dengan gaya vintage

Selain minimalis, vintage merupakan salah satu Ide interior apartemen yang banyak dipilih, terutama untuk tempat tinggal generasi milenial. Kesan santai dan adem menjadi ciri khas dari gaya vintage ini.

Untuk membuat gaya vintage masuk ke ruangan apartemen, Anda bisa menggunakan warna yang adem seperti warna putih pada dinding dan juga sofa. Supaya lebih vintage, Anda juga dapat menambahkan bantal sofa yang memiliki motif bunga-bunga.

Kesan vintage juga bisa didapat dari interior yang menggunakan kayu atau pun besi model lama. Jika Anda ingin menggunakan warna untuk interior apartemen bergaya vintage, salah satu rekomendasi adalah dengan memilih warna hijau mint untuk cat dindingnya. Anda juga bisa menambahkan vas bunga dengan bunga segar untuk mempertajam kesan alami pada gaya vintage ruangan apartemen Anda.

Selain itu, beberapa tanaman hias mungkin bisa ditambahkan untuk melengkapi interior apartemen. Gunakan tanaman pot berukuran mungil untuk diletakkan di dekat jendela atau di meja kecil. Adanya tanaman tersebut akan memberikan kesan klasik dan natural yang memang menjadi ciri khas gaya vintage.

  • Apartemen dengan desain pop art
Apartemen dengan desain pop art

Untuk desain pop art mulai ada sejak tahun 1970-an dengan menggunakan interior yang memiliki unsur tradisional dari Amerika. Ide interior apartemen bergaya pop art adalah dari poster-poster yang dulu sering digunakan untuk aksi-aksi protes atau aksi demo. Seperti untuk membela HAM, mendukung lingkungan sehat, aksi damai, dan aksi penuntutan hak wanita yang banyak diekspresikan melalui sebuah poster.

Desain pop art untuk interior di ruangan apartemen sendiri ditegaskan dengan menambah seni pop art pada hiasan dinding. Untuk desain yang lebih modern, seni pop art diletakkan pada bantal sofa untuk apartemen. Poster-poster atau seni pop art yang digunakan kebanyakan bertema fashion atau gaya hidup lainnya. Untuk desain pop art ini cocok untuk Anda yang ceria karena pop art menggunakan banyak warna yang tegas dan berani.

  • Apartemen bergaya eklektik

Desain interior dengan gaya eklektik ini cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan apartemen dengan suasana hangat nan romantis. Ide interior apartemen untuk gaya eklektik ini adalah dengan menggunakan sofa yang dekat pintu dengan meja panjang di depan sofa. Warna-warna yang digunakan umumnya adalah warna merah cabai, warna hijau, dan sedikit warna hitam.

Dekorasi pada ruang apartemen bergaya eklektik dapat ditambah dengan kain penutup meja yang memiliki hiasan berupa manik-manik. Lampu yang digunakan untuk apartemen eklektik ini adalah lampu meja dengan cahaya yang tidak terlalu terang dan sedikit kuning.

Untuk menambah kesan romantis, ruangan apartemen dapat diberi perlengkapan interior seperti lukisan, karpet, dan tirai yang memiliki motif tanaman atau bunga-bunga. Gaya eklektik ini cocok untuk Anda yang suka dengan interior yang unik dan memiliki nilai seni.

  • Apartemen bergaya lawas dari retro art deco
Apartemen bergaya lawas dari retro art deco

Desain untuk interior apartemen selanjutnya adalah retro art deco. Ide interior apartemen tersebut merupakan gaya interior yang menggunakan gaya lawas yang ada pada tahun 1930-an. Ruang apartemen berdesain ini bisa diberi cat dinding dengan warna cokelat, abu-abu cerah, krem, kuning gading, atau hijau.

Sedangkan untuk perlengkapan interior apartemen dapat menggunakan bahan-bahan kayu. Untuk penegasan, perlengkapan interior bisa dipadukan dengan bahan dari kuningan atau besi. Perlengkapan interior untuk ruangan apartemen juga tidak terlalu banyak gaya, cukup dengan bentuk yang sederhana untuk menampilkan kesan formal.

Meja yang digunakan untuk interior bergaya retro art deco adalah meja berkaki besar dan pendek. Desain-desain seperti ini cocok untuk Anda yang suka model klasik atau model-model lawas.

  • Apartemen klasik dengan desain retro fifties
Apartemen klasik dengan desain retro fifties

Untuk mendesain ruang apartemen yang lebih modern namun tetap klasik, dapat menggunakan desain retro fifties. Desain tersebut muncul sekitar tahun 1950-an dengan pengaruh besar dari perkembangan ekonomi yang ada di negara Eropa. Interior pelengkap yang digunakan pun sudah lebih modern, ada yang berbahan fiber, busa karet, vinil, plastik, hingga formika.

Perkembangan teknologi saat itu di Eropa sangat pesat dan berpengaruh pada perlengkapan interior yang tidak dibuat dengan tangan lain. Banyak perusahaan yang membuat perlengkapan interior dengan menggunakan tenaga mesin. Untuk ide interior apartemen dengan gaya retro fifties ini menggunakan dinding dengan warna yang lebih bervariasi.

Cocok untuk Anda yang suka warna-warna segar, seperti warna kuning, orange, hingga merah keunguan. Gaya retro fifties tersebut sering disebut sebagai awal mula munculnya desain kontemporer.

  • Apartemen Bergaya retro yang modern dan minimalis

Sekarang desain interior yang banyak digemari adalah retro yang lebih modern dan minimalis. Ciri utama dari ide interior apartemen yang satu ini adalah sedikitnya penggunaan interior pelengkap, sehingga memberi ruangan yang lebih lapang.

Walaupun begitu, ada pula yang menggunakan gaya retro namun lebih modern dengan furnitur atau pelengkap interior yang penuh warna dan unik. Seperti meletakan sofa dengan warna beragam dan dinding yang tidak dipoles, tetapi dibiarkan dengan tampilan batu bata yang adem.

Untuk lantainya biasanya menggunakan bahan yang adem atau pun bahan-bahan yang memiliki kesan alami. Lukisan atau foto lama juga bisa menjadi tambahan interiornya.

Demikian beberapa informasi mengenai gaya atau ide interior apartemen yang banyak diminati. Jika Anda suka mendesain, dapat pula menggabungkan beberapa konsep atau gaya untuk mendapatkan desain yang sesuai keinginan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *