Contoh Interior Apartemen Studio, Yuk Kenali Lebih Dalam

interior apartemen tipe studio

Contoh Interior Apartemen Studio – Apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang berupa blok bangunan yang di dalamnya dibagi menjadi beberapa unit atau ruang. Hunian yang bertipe apartemen umumnya populer dan banyak dicari di kawasan perkotaan di mana lahan hunian yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang padat. Hunian berupa apartemen juga umumnya dibangun di pusat kota sehingga penghuni apartemen dapat mengakses berbagai fasilitas umum dengan lebih mudah.

Jenis-jenis apartemen cukup banyak di antaranya adalah studio, alcove, convertible, junior 1 bedroom, 2 bedroom, duplex atau triplex, loft, classic six, three-room, dan garden apartment.

Namun, tidak semua jenis apartemen tersebut ditawarkan di Indonesia. Beberapa jenis apartemen yang paling banyak ditawarkan oleh pengembang Indonesia adalah apartemen studio, 1 bedroom dan 2 bedroom atau tipe apartemen 2 kamar yang lebih banyak diminati karena harganya yang terjangkau.

Jenis apartemen 2 bedroom merupakan salah satu jenis apartemen yang banyak ditawarkan oleh pengembang Indonesia. Jenis apartemen ini memiliki dua kamar tidur yang ukurannya hampir sama atau sama besar serta dapur dan ruang tengah, seperti halnya rumah tapak biasa. Karena karakteristik tersebut, apartemen jenis 2 bedroom ini banyak diminati oleh orang-orang yang sudah berkeluarga.

Sebaliknya, apartemen tipe studio merupakan jenis apartemen yang bentuknya minimalis karena hanya terdiri dari satu ruang multifungsi. Luas apartemen berjenis studio umumnya tidak lebih dari 30 meter persegi. Meski begitu, ruang pada apartemen studio mencakup area dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Karena bentuknya yang minimalis, jenis apartemen studio merupakan apartemen yang harganya ekonomis.

Tips Memilih Contoh Interior Apartemen Tipe Studio

Dengan harganya yang ekonomis, sangat wajar jika apartemen tipe studio menjadi jenis apartemen yang paling populer di Indonesia. Dengan karakteristik apartemen tipe studio yang berupa 1 ruang multifungsi, apartemen ini sangat cocok bagi mahasiswa maupun pekerja yang masih single atau belum berkeluarga. Ruang apartemen studio yang minimalis namun multifungsi juga sangat cocok bagi orang-orang yang terbiasa hidup praktis.

contoh interior apartemen studio

Karena apartemen tipe studio bentuknya minimalis dan luasannya sangat terbatas, maka pemilihan perabotan dan penataan interior pada apartemen jenis ini harus diperhatikan dengan seksama. Penataan interior apartemen tipe studio harus mempertimbangkan luasan apartemen yang terbatas.

Sangat disarankan agar pemilihan perabotan untuk apartemen tipe studio tidak berlebihan dan harus disesuaikan dengan luasan apartemen. Apabila pemilihan perabotan untuk apartemen tipe studio dilakukan dengan sembarangan tanpa mempertimbangkan luasan apartemen, apartemen justru akan terkesan sesak dan sempit. Berikut beberapa tips dalam memilih interior untuk apartemen studio:

  • Furnitur serbaguna

Contoh interior apartemen tipe studio yang dapat dipertimbangkan adalah perabotan atau furnitur yang memiliki banyak fungsi sekaligus. Furnitur multifungsi tersebut akan memberikan nilai lebih pada ruangan terutama di apartemen tipe studio yang luasannya sangat terbatas.

Pilihlah perabotan atau furnitur yang memiliki dua atau tiga fungsi sekaligus sehingga perabotan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Hal ini sangat penting karena perabotan yang terlalu banyak pada apartemen tipe studio akan menyebabkan ruang apartemen menjadi terasa sempit dan sesak.

Contoh interior apartemen studio yang memiliki banyak fungsi sekaligus adalah sofabed, futon, dan stools. Karakteristik sofabed dan futon yang dapat dilipat serta dapat digunakan sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur akan memberikan lebih banyak ruang kosong pada ruangan apartemen studio. Selain itu, memilih perabotan tersebut berarti menghemat biaya karena Anda hanya perlu membeli satu furnitur yang dapat digunakan sebagai tempat tidur sekaligus sofa atau tempat duduk untuk menerima tamu.

Sedangkanstools dapat digunakan sebagai tempat duduk sekaligus sebagai meja di samping tempat tidur atau bedside table. Jika perlu, gunakan cermin berukuran besar pada apartemen tipe studio.

Akan lebih baik jika cermin yang digunakan berukuran besar karena dapat memberikan kesan lapang pada apartemen studio. Selain dapat digunakan untuk bercermin, cermin tersebut juga dapat menciptakan ilusi yang akan memberikan kesan luas pada apartemen studio. Cermin juga akan membuat ruangan pada apartemen studio menjadi lebih terang.

  • Pertimbangkan ukuran furnitur

Selain mempertimbangkan fungsi perabotan, ukuran perabotan juga perlu dipertimbangkan. sangat disarankan untuk memilih perabotan dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk apartemen tipe studio. Ukuran furnitur atau perabotan yang akan dipilih sebaiknya disesuaikan dengan ruangan apartemen tipe studio yang akan digunakan.

Dengan begitu, furnitur tersebut tidak akan memberikan kesan sempit pada ruang apartemen studio, tetapi justru memberikan lebih banyak ruang kosong di dalam apartemensehingga tidak terkesan terlalu padat dan sempit.

  • Gunakan hiasan secukupnya

Selain furnitur, sebuah hunian termasuk apartemen umumnya juga membutuhkan beberapa hal yang memiliki nilai estetika agar hunian menjadi tempat yang indah sekaligus nyaman bagi penghuninya.

Meskipun sempit, apartemen tipe studio juga membutuhkan perabotan yang berfungsi sebagai penghias ruangan misalnya hiasan dinding. Namun, penggunaan hiasan dinding pada apartemen tipe studio disarankan tidak berlebihan agar ruangan apartemen tidak sesak.

  • Gunakan warna terang

Pemilihan warna merupakan langkah yang sangat penting dalam menghias apartemen. Terlebih pada apartemen tipe studio yang luasnya sangat terbatas. Pemilihan warna yang tidak sesuai dapat menyebabkan kesan yang tercipta pada apartemen tipe studio tidak sesuai dengan keinginan.

Karena itulah contoh interior apartemen tipe studio yang dipilih harus dapat menciptakan kesan yang lapang dan luas. Hal ini sangat penting karena ukuran apartemen studio yang kecil umumnya akan memberikan kesan sempit dan memberi ruang gerak yang terbatas sehingga penghuni apartemen cepat merasa bosan.

Untuk menciptakan kesan yang lapang dan luas, warna yang digunakan haruslah terang dan cerah misalnya warna putih untuk dinding apartemen dan warna lain yang cerah untuk furnitur misalnya cokelat muda. Selain pemililhan warna yang tepat, kesan luas dan lapang juga bisa didapatkan dengan memilih tirai yang tipis.

Biarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruang apartemen studio. Dengan begitu, tidak hanya ruangan terkesan lebih luas tetapi apartemen studio juga dapat terkesan lebih hidup sehingga suasana hati serta produktivitas Anda ikut terpengaruh.

Sebagai jenis apartemen yang hanya terdiri dari satu ruangan yang digunakan untuk berbagai aktivitas sekaligus, apartemen tipe studio memerlukan furnitur dengan ukuran yang sesuai dan multifungsi. Selain itu, karena hanya terdiri dari satu ruangan saja, contoh interior apartemen tipe studio juga harus dipertimbangkan sedemikian rupa agar alur ruangan terlihat jelas. Jika penggunaan sekat terlalu banyak memakan ruang, penggunaan perabotan lain yang dapat memperjelas batasan ruangan dapat dipertimbangkan.

Misalnya adalah penggunaan karpet pada area menonton TV. Karpet tersebut tidak hanya berfungsi sebagai perabotan yang memperjelas alur dan batasan ruangan menonton TV dengan ruang lain tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat duduk saat menonton TV.

suka konten kami? share yuk

Artikel Menarik Lainnya