interior apartemen kecil minimalis

Desain Dapur Untuk Apartemen, Dijamin Anda Jadi Rajin Masak

Desain dapur untuk apartemen – Apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Selain itu, banyak sekali model apartemen yang didesain secara modern dan juga elegan. Maka dari itu, tidak heran jika harga yang ditawarkan sebanding dengan apa yang disuguhkan.

Banyak masyarakat yang kini mulai beralih ke apartmen, selain minimalis, tetapi tetap enak untuk di pandang. Design interior apartemen biasanya disesuaikan dengan keinginan penghuni. Oleh karena itu, banyak sekali yang menawarkan jasa interior apartemen. Temanya ada yang klasik, modern, casual dan lain sebagainya.

Berbicara tentang desain interior tidak hanya fokus pada kamar tidur, kamar mandi dan juga ruang tengah saja. Bagian belakang juga harus diperhatikan seperti dapur. Desain dapur untuk apartemen biasanya lebih sederhana namun rapih, selain itu juga menyesuaikan dengan konsep ruangan.

Model Desain Dapur untuk Apartemen secara modern

Berikut ini beberapa jenis ataupun model desain interior untuk dapur agar terkesan lebih modern. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Dapur yang Menyatu dengan Ruang Makan
desain dapur apartemen
Foto by Dekoruma

Konsep dapur yang seperti ini akan lebih memberikan kehangatan untuk keluarga. Tata letaknya yang minimalis akan lebih terlihat hidup. Walaupun demikian, harus tetap terjaga kerapihannya, karena semakin banyak objek yang digunakan akan semakin terlihat sempit dan minim ruang gerak.

  • Dapur Minimalis dan Hemat Energi

Karena sebagian besar dapur sangat membutuhkan banyak energi listrik seperti lampu, air, peralatan yang menggunakan listrik dan juga gas. Maka untuk menghemat energi sebaiknya pilihlah ruang dapur yang menghadap langsung atau memperoleh banyak cahaya.

Dengan begitu, jika di siang hari akan lebih menggunakan sinar matahari langsung dapi pada menggunakan lampu. Justru hal ini akan menarik dimana pemandangan luar akan terlihat menyejukkan dan menghangatkan.

  • Dapur Mungil Tanpa Adanya Lemari di Atas

Penggunaan banyak objek akan semakin mempersempit ruang gerak dan terlihat sangat penuh. Oleh karena itu, penggunaan lemari multifungsi juga akan sangat membantu.

Alangkah lebih rapih jika menggunakan lemari bawah yang cukup lebar dan muat untuk semua barang dapur. Oleh karena itu, pilihlah barang dapur yang sekiranya dibutuhkan, sehingga akan lebih mudah untuk disimpan.

  • Dapur Apartemen dengan Model Kabinet Modular

Dapur dengan konsep ini akan berbeda dengan konsep atau desain interior secara keseluruhan. Sebab kabinet modular ini dapat dikreasikan dengan perpaduan warna dan juga disesuikan dengan bentuk ruangan itu sendiri.

Dengan begitu akan lebih mudah untuk meletakkan barang-barang dapur sesuai dengan keinginan. Selain itu juga akan lebih memberikan kepuasan tersendiri, dengan catatan rapih.

  • Konsep Space Savvy

Desain interior dapur untuk apartemenyang selanjutnya adalah konsep savvy, dimana konsep ini sangat sederhana dan elegan untuk ruang dapur yang mungil.

Karena ruang yang terbatas biasanya akan lebih terlihat unik dan elegan jika penataannya tepat. Oleh karena itu, memanfaatkan ruang yang mungil akan semakin menarik perhatian.

  • Sentuhan Bahan Industrial

Agar terkesan lebih modern, Anda bisa menggunakan beton ekspos yang saat ini sedang ngehits. Tidak hanya modern tetapi juga akan lebih berkelas. Pesona yang tampak dengan bacground putih akan semakin melengkapi kesan mewah yang terpancar.

  • Sentuhan Material Kayu

Penggunaan material kayu akhir-akhir ini akan sangat memberikan kesan alam yang begitu mempesona. Klasik tapi tetap berkelas akan muncul, tidak hanya bagian dapur tetapi juga interior yang lainnya. Penggunaan kayu ini justru akan terlihat lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan bahan lainnya.

  • Dapur dengan Sentuhan Stainless Steel
desain dapur untuk apartemen
Foto by Rumah Minimalis

Material ini akan tampak lebih ekstrim namun perpaduan yang tercipta akan begitu lebih menarik. Gaya modern dan kebarat-baratan akan menjadi lebih elegan dan mahal. Terutama jika menggunakan stainless yang memiliki warna silver atau emas. Bahan-bahan tersebut akan bersinar jika berada di bawah penerangan.

  • Dapur dengan Nuansa Putih

Warna ini memang sangat cocok untuk semua jenis interior dengan berbagai bentuk. Kesan yang ditampilkan begitu elegan dan sangat cantik.

Selain itu juga akan tampak lebih bersih dan sederhana namun berkelas. Sebenarnya tidak hanya warna putih, sentuhan warna monokrom, kuning dan putih juga akan tampak cocok jika dipadukan.

Itulah berbagai inspirasi yang bisa diterapkan untuk membuat dapur apartemen Anda semakin nyaman dan menarik perhatian.

Berbagai sudut dapur juga harus diperhatikan mulai dari tingkat kerapian dan dekorasi ruang yang elegan. Tidak hanya itu, dapur yang bersih dan indah akan lebih memberikan kehangatan.

Tidak hanya bentuknya yang rapih, pemilihan warna juga akan sangat berpengaruh. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui apakah dapur tersebut mempunyai banyak cahaya masuk atau justru sangat gelap.

Jika dirasa terang, maka gunakanlah warna cat tembok yang lebih soft. Begitu pula sebaliknya, jika terlalu gelap maka gunakanlah cat tembok yang lebih terang.

Hal tersebut digunakan untuk membuat ruangan menjadi semakin hidup. Jika penerangannya cukup juga akan lebih menghemat energi.

Karena penggunaan energi listrik terbanyak selain di kamar mandi juga di dapur. Itulah sebabnya mengapa harus lebih memperhatikan setiap detail dalam ruangan.

Ada beberapa tips untuk menjaga desain interior pada dapur agar terlihat tetap elegan, diantaranya:

  • Usahakan dapur selalu dibersihkan, dengan begitu akan lebih terlihat mengkilap dan warna tembok tidak penuh dengan kotoran bekas masakan.
  • Pilihlah prabotan dapur secukupnya, sehingga tidak menumpuk di luar lemari. Prabotan yang dipilih hendaknya memang digunakan sehingga tidak percuma di beli begitu saja.

    Hindari pembelian prabotan yang hanya beberapa kali penggunaan. Setiap prabotan yang dipilih dan digunakan cukup satu saja tidak usah melebihi dengan fungsi yang sama. Misal spatula merek A tidak usah ditambah spatula merek B.
  • Pilihlah lemari dapur yang multi fungsi. Dengan begitu akan terlihat rapi dan semua barang dapur diletakan di dalam lemari. Selain multifungsi juga harus senada dengan konsep apartemen yang diterapkan.
  • Pilihlah keramik dapur yang berbeda dengan yang lainnya, dengan seperti itu akan lebih terkesan mewah dan elegan. Selain itu, seni yang dimunculkan akan semakin menambah keistimewaan untuk setiap tampilan yang dimunculkan.

Baca juga : Jasa Design Apartemen Surabaya

Inilah beberapa tips yang bisa membuat desain dapur untuk apartemen Anda terlihat lebih elegan dan menarik. Karena tidak bisa dipungkiri, tempat yang sering dikunjungi dan memerlukan penataan ekstra selain di kamar juga di dapur. Sebab, kebanyakan aktivitas keseharian yang dijalankan juga berada pada di ruang tersebut.

Oleh karena itu, walaupun dapur minimalis dan pada ruang secukupnya, jika ditata dengan baik maka akan terlihat lebih elegan dan modern.

Kuncinya ada bagaimana cara mengombinasikan dan merawatnya agar tetap rapi. Dengan begitu, akan lebih memberikan kehangatan terlebih jika digabung dengan ruang makan. Oleh karenanya, desain dapur untuk apartemen pada dasarnya adalah seuai dengan keinginan dan kenyamanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *