Ide Untuk Apartemen Kecil Anda Agar Lebih Nyaman

Ide Untuk Apartemen Kecil – Apartemen merupakan hunian yang paling favorit di kalangan masyarakat perkotaan. Apartemen memang menjadi solusi terutama untuk kawasan-kawasan yang memang lahannya sudah terbatas.

Selain itu, apartemen sekarang juga berubah menjadi tren baru di masyarakat. Beberapa orang memilih tipe studio atau apartemen berukuran kecil yang praktis dengan berbagai alasan.

Ide untuk apartemen kecil membuat tipe studio tetap nyaman untuk tempat tinggal. Desain apartemen studio yang kebanyakan mengutamakan kenyamanan dan fungsionalitas memang memiliki ukuran kecil layaknya studio.

Walaupun desain apartemen studio tidak begitu luas, pengelola apartemen biasanya menggunakan desain terbaiknya untuk memanjakan para penghuni apartemen.

Ada banyak referensi atau ide desain apartemen studio yang dapat diterapkan. Desain untuk interior yang dibuat dengan mengutamakan fungsionalitas.

Jadi apartemen studio atau yang berukuran kecil tetap memiliki ruang yang cukup untuk berbagai aktivitas. Beberapa ide untuk mendesain interior pada apartemen studio dapat dilakukan dengan pilihan berikut.

Ragam Ide dan Desain Interior Apartemen Kecil

  • Apartemen dengan ruang pribadi yang modern
ide untuk apartemen kecil

Dibutuhkan teknik dan kreativitas yang tinggi untuk mengolah desain apartemen studio. Apalagi dengan ruang yang ada pada apartemen memang terbatas.

Beberapa orang bahkan mengorbankan kenyamanan, agar apartemen bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Menata ruang atau interior apartemen yang memang luasnya terbatas membutuhkan kreativitas sehingga Anda tetap bisa mendapatkan interior sesuai keinginan.

Desain modern dapat dihadirkan pada apartemen studio dengan membuat ruangan yang menyatu dan dengan furnitur modern. Anda bisa menyatukan dapur dan laundry dengan baik dalam satu area.

Untuk menyediakan ruang bersantai, Anda bisa menerapkan desain apartemen studio menggunakan lantai keramik. Pemilihan jenis lantai ini akan memberikan kontras dengan bagian lain dengan bagian lantai yang dilapisi kayu.

  • Apartemen dengan tambahan setengah lantai
apartemen dengan tambahan setengah lantai

Kebanyakan apartemen studio memiliki jarak antara lantai dan langit-langit yang cukup luas. Hal ini memang bertujuan untuk memberi efek yang lapang.

Ada ruang kosong yang biasanya tidak digunakan pada kondisi tersebut. Ide untuk apartemen kecil yang bisa diterapkan adalah dengan memanfaatkan ruang kosong  tersebut. Sisa ruang secara vertikal dapat menjadi solusi desain apartemen studio agar untuk menciptakan interior cantik dan efektif sebagai tempat tingga.

Dari desain apartemen studio dibuat dengan tambahan ruang secara vertikal seperti setengah lantai yang dapat digunakan untuk tempat tidur.  Hal tersebut akan membuat ruang lantai pada studio apartemen dapat digunakan secara maksimal.

Kamar tidur kecil pada lantai atas dapat dibuat dengan tambahan tiang kayu atau tempat tidur khusus. Bagian dapur yang kecil dapat  dilengkapi dengan rak tinggi untuk kesan lebih luas.

Pada interior apartemen studio juga bisa didesain multifungsi menggunakan meja yang bisa digunakan untuk makan atau bersantai. Lantai dapat dipasang dengan material kayu atau jenis lain yang memiliki tampilan sama.

  • Apartemen dengan partisi minimalis
apartemen dengan partisi minimalis

Partisi merupakan sekat yang biasanya berupa bongkar pasang. Partisi juga dapat dimanfaatkan untuk menyiasati ruangan mungil pada apartemen studio. Partisi geser dengan jenis kaca dan bingkai kayu dapat dibawa untuk memberikan sekat antara tempat tidur dan furnitur lain.

Kesan apartemen minimalis pun akan terlihat dari partisi ini. Apartemen yang berukuran mungil dapat didesain dengan tambahan furnitur seperti meja rendah yang senada dengan partisi atau gaya modern. Ide untuk apartemen kecil pada bagian ruang makan dapat digabungkan dengan dapur menggunakan meja multifungsi.

Tambahkan sedikit furnitur dengan konsep kayu untuk dekorasi modern minimalis. Gunakan sofa dan meja yang berukuran sedang atau kecil untuk bagian bersantai.

Untuk konsep kayu dapat diaplikasikan pada bagian tempat tidur beralas. Bagian lantai untuk tempat tidur dapat dibuat lebih tinggi untuk panggung mini sehingga lebih terasa konsep modern minimalis dalam apartemen Anda.

  • Menggunakan gaya Scandinavian
menggunakan gaya scandinavian

Scandinavian merupakan salah satu desain apartemen yang banyak digunakan pada apartemen studio di New York dan kota-kota modern lainnya.

Kesan interior yang chic tersebut dapat menjadi inspirasi desain apartemen studio Anda. Menggabungkan warna abu-abu dan warna putih bersih cukup efektif untuk membawa gaya Scandinavian pada apartemen.

Boleh juga menambahkan hiasan dinding yang artistik. Ide untuk apartemen kecil bisa dengan bermain  desain atau penataan. Cara tersebut juga menjadi salah satu trik yang dapat digunakan pada desain apartemen studio agar terlihat lebih luas dan nyaman.

Anda bisa menambahkan karpet untuk lantai di dekat tempat tidur atau di bawah meja. Karpet bermotif dapat memberi tambahan suasana agar apartemen tidak membosankan. Manfaatkan tanaman hidup untuk melengkapi keseluruhan dari dekorasi atau desain apartemen studio agar terkesan alami.

  • Apartemen dengan desain modern eksklusif
apartemen dengan desain modern eksklusif

Apartemen studio yang memiliki ruang tidak begitu luas bukan hambatan untuk memiliki apartemen modern. Ruang yang terbatas  tidak menjadikan apartemen tipe ini tidak bisa tampil mewah. Ide untuk apartemen kecil dengan desain apartemen studio dapat dihadirkan dengan pemilihan furnitur yang tepat.

Menggunakan furnitur berkualitas dapat memberi kesan gaya serba eksklusif dan mewah. Perhatikan pemilihan warna untuk desain mewah eksklusif. Warna seperti putih, cokelat, atau krim dapat dipilih untuk warna yang mendominasi interior.

Berikan fokus utama dengan warna lain yang masih senada seperti biru dihadirkan agar ada sedikit kontras dan interior tidak terlalu pucat. Pilih pintu yang tepat untuk menghadirkan gaya klasik modern.

Selain itu, penambahan interior pelengkap untuk dekorasi seperti tempat lilin, lampu gantung, dan bingkai minimalis dapat memperkuat kesan mewah sesuai selera dari pemiliknya.

  • Apartemen dengan gaya vintage
apartemen dengan gaya vintage

Banyak wanita perkotaan yang lebih memilih apartemen studio untuk tempat tinggal. Hal tersebut adalah salah satu identitas wanita yang serba mandiri dan punya kepribadian kuat. Karakteristik wanita mandiri juga bisa menjadi inspirasi sebagai ide untuk apartemen kecil  berukuran studio.

Vintage atau gaya interior dengan konsep utamanya natural dapat menjadi pilihan tepat. Penambahan motif pada furnitur akan sedikit memberi warna pada interior.

Bagian sofa bisa menggunakan sofa berbahan kain yang empuk dengan bantal-bantal kecil untuk mempermanis ruangan. Meja kaca dapat digunakan untuk memberi kesan praktis dan simpel. Dekorasi seperti vas bunga juga bagus untuk mempercantik interior apartemen ini.

  • Apartemen dengan furnitur gantung
apartemen dengan furnitur gantung

Seperti kebanyakan apartemen yang memiliki langit-langit tinggi, tipe studio terlihat luas karena lebih banyak ruang kosong pada bagian atas. Kondisi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ide untuk apartemen kecil dengan menggunakan furnitur gantung.

Furnitur seperti tempat tidur atau kursi gantung dapat memberi kesan segar dan modern pada interior apartemen. Terlihat keren dan tentunya berkarakter hanya dengan furnitur gantung tersebut. Konsep terbuka dapat diterapkan agar apartemen tidak terlihat sesak. Anda bisa membuat dapur yang menyatu dengan meja makan.

Itulah beberapa ide untuk apartemen kecil yang dapat diaplikasikan untuk interior apartemen studio agar tetap nyaman dan terlihat bergaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *