Inspirasi Desain Apartemen Milineal, Cobain Yuk

Anda tentu sudah sangat familiar dengan istilah generasi Milenial. Ya, mereka adalah sekelompok orang yang lahir sepanjang tahun 1980 hingga 1995. Banyak yang menganggap, bahwa generasi milenial memiliki ciri gaya hidup urbanis. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Wall Street Journal, yaitu 88% milenial memilih untuk bergaya urbanis.

desain apartemen milenial

Milenial lebih suka tinggal di tengah kota agar dapat melakukan mobilitas dengan mudah, termasuk dalam hubungan sosial maupun pekerjaan. Oleh karenanya, banyak milenial yang lebih memilih tinggal di apartemen yang umumnya terletak di tengah kota dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung milenial untuk bisa bergerak bebas.

Sebagai kelompok dengan usia produktif, milenial banyak setuju bahwa apartemen merupakan pilihan yang ideal sebagai hunian. Pasalnya, generasi ini lebih mengedepankan pengalaman dibandingkan dengan status kepemilikan. Terlebih, apartemen menawarkan gaya hidup yang serba praktis, persis seperti karakter milenial. Desain interior yang biasa dipilih pun cenderung konsep desain interior yang simpel dan ringkas.

Ide Desain Apartemen yang Cocok untuk Milenial

Dari segala teori mengenai karakteristik milenial, ada beberapa ide menarik sebagai inspirasi desain apartemen milenial. Berikut ini ide yang bisa Anda aplikasikan pada apartemen milik Anda sesuai dengan gaya hidup milenial!

  • Open Space
desain open space apartemen

Salah satu karakter yang harus dimunculkan dalam desain apartemen milenial adalah fleksibilitas dan kepraktisan. Artinya, milenial butuh ruang gerak yang cukup agar aktivitas lebih nyaman dan praktis dilakukan. Tidak heran, jika konsep open space atau ruang terbuka sangat melekat pada milenial dan sering dijadikan pilihan. Bahkan, bukan hanya diterapkan pada ruang apartemen, melainkan juga perkantoran yang menampung banyak anak muda.

Konsep open space sendiri berarti ruangan dalam apartemen dibuat saling terhubung satu sama lain dan harus bisa memaksimalkan fungsi area utama, seperti kamar tidur, dapur, area tamu, hingga ruang kerja. Konsep ruang seperti ini juga membuat ruang apartemen terkesan lebih luas.

  • Pilihan furnitur multifungsi
desain tangga multifungsi untuk apartemen

Aktivitas yang padat, membuat milenial kerap melakukan banyak hal dalam satu waktu. Oleh karenanya, interior apartemen milenial harus semaksimal mungkin memanfaatkan ruang. Pemilihan furnitur multifungsi adalah salah satu solusi yang bisa diterapkan. Misalnya, dengan mengandalkan sofa lipat atau sofa bed sebagai pilihan tempat tidur hingga memanfaatkan tembok sebagai lemari atau ruang-ruang penyimpanan dengan pintu.

  • Sediakan ruang produktif

Tak hanya dijadikan sebagai tempat beristirahat, generasi milenial kerap menjadikan hunian mereka sebagai ruang produktif. Banyak hal produktif yang biasa dilakukan milenia di dalam huniannya. Misalnya, mereka yang bekerja dari rumah, membuat konten media sosial, menjadi penulis lepas, dan sebagainya.

desain interior ruang produktif apartemen

Oleh karena itu, desain apartemen milenial harus mengakomodasi ruang agar pemiliknya bisa bekerja di mana saja. Anda bisa menyediakan meja kantor kecil di ruang tengah atau menyediakan ruang kerja khusus. Sebisa mungkin di setiap ruangan aman digunakan untuk bekerja dengan laptop dan gawai pendukung lainnya.

  • Tambahkan elemen dekoratif

Para milenial dikenal memiliki karakter personal yang kuat. Adalah hal yang wajar jika banyak milenial yang kerap mengekspresikan dirinya dengan berbagai cara. Melakukan personalisasi melalui elemen dekoratif di apartemen merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan diri bagi para milenial.

Elemen dekoratif yang bisa menjadi inspirasi desain apartemen milenial adalah dengan memajang lukisan atau foto yang memiliki arti personal. Foto atau lukisan bisa menceritakan banyak hal tentang individu, sekaligus membangkitkan kenangan. Anda yang suka musik, bisa menambahkan elemen dekoratif berupa alat pemutar piringan hitam lengkap dengan rak berisi koleksi vinyl.

  • Lengkapi dengan teknologi

Generasi milenial tumbuh dan berkembang di era teknologi yang juga sedang berkembang pesat. Tak heran, teknologi sudah menjadi bagian hidup milenial yang selalu digunakan dalam berbagai kesempatan. Bahkan, dalam beraktivitas pun milenial sangat mengandalkan teknologi internet. Mulai dari bekerja, mencari hiburan, bersosialiasi, hingga mencari kebutuhan sehari-hari. Biaya desain interior apartemen yang harus Anda ketahui saat desain apartemen

Karenanya, penting bagi milenial untuk melengkapi desain apartemennya dengan teknologi, seperti menambahkan perangkat wifi. Tak jarang pula, apartemen milenial yang sudah dilengkapi dengan asisten virtual. Sehingga, apapun aktivitas yang dibutuhkan di ruang apartemen bisa dilakukan hanya dengan berbicara pada speaker gawai mereka. Canggih, bukan?

  • Mengusung konsep ramah lingkungan
tanaman untuk apartemen ramah lingkungan

Generasi milenial bisa dikatakan sebagai generasi yang futuristik. Ide-ide dan pemikirannya mampu menjembatani nyaris segala masalah dan bisa diaktualisasikan dalam kehidupan masyarakat. Tak heran, di era merekalah kesadaran tentang kelestarian lingkungan menjadi begitu booming. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan kelestarian lingkungan berawal dari aktualisasi milenial. Oleh karenanya, desain apartemen milenial cenderung memperhatikan kehematan energi dan kepraktisan penggunaannya. Misalnya, dengan memilih apartemen jendela besar, sehingga cahaya dapat masuk maksimal pada siang hari.