interior apartemen kecil minimalis

Interior Apartemen Kecil Minimalis untuk Apartemen Kecil

Konsep minimalis merupakan salah satu konsep desain interior yang banyak digemari dan digunakan oleh designer modern. Keuntungan dari penggunaan konsep minimalis pada desain interior suatu hunian adalah konsep minimalis mampu memberikan kesan lebih luas pada suatu ruangan. Karena itulah konsep ini banyak digunakan pada bangunan atau hunian yang tidak terlalu luas, misalnya hunian atau apartemen di kota besar.

Ukuran hunian atau ruang apartemen yang kecil sangat umum dijumpai di kota besar, termasuk di Kota Surabaya. Ruang apartemen yang kecil akan tampak semakin kecil atau sempit jika diberi banyak furniture. Karena itulah ide interior apartemen Surabaya untuk apartemen kecil diperlukan, misalnya dengan konsep apartemen minimalis.

Permasalahan utama yang sering dijumpai pada apartemen dengan space yang kecil atau terbatas adalah dalam hal penataan interior. Penataan interior pada apartemen kecil sangat tidak disarankan untuk dilakukan secara asal karena dapat menyebabkan kamar apartemen menjadi terkesan penuh dan sesak.

Untuk apartemen yang berukuran kecil, sebaiknya gunakan konsep desain yang sesuai untuk apartemen kecil seperti konsep desain interior apartemen kecil minimalis. Dengan menerapkan konsep desain interior minimalis, apartemen yang berukuran kecil sekalipun dapat ditata agar menjadi hunian yang nyaman.

Trik Agar Ruang Apartemen Tampak Maksimal dengan Konsep Minimalis

Ukuran apartemen yang kecil memang membuat Anda tidak bisa sembarang memilih furniture. Jika tidak, alih-alih apartemen menjadi nyaman dan indah untuk ditinggali justru menjadi terasa sempit dan tidak nyaman. Karena itulah dibutuhkan beberapa trik berikut agar ruang apartemen yang kecil sekalipun dapat ditinggali dengan nyaman.

  • Pilih furniture yang tepat
furniture apartemen tipe studio

Furniture merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam desain interior. Apartemen kecil dengan ukuran atau space yang terbatas membutuhkan pengaturan interior sedemikian rupa agar kombinasi furniture yang digunakan tidak membuat ruang apartemen menjadi penuh sesak.

Untuk menata interior apartemen kecil minimalis, furniture yang dipilih harus tepat. Artinya, ukuran furniture yang digunakan perlu disesuaikan agar tidak membuat sesak ruangan apartemen. Sebaiknya pilih ukuran furniture yang tidak terlalu besar agar apartemen tidak tampak sempit.

Selain menyesuaikan ukuran furniture dengan space apartemen, Anda juga dapat menggunakan furniture yang multifungsi. Misalnya dengan menggunakan lemari penyimpanan minimalis yang dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan sekaligus sebagai meja.

Anda juga bisa menggunakan furniture yang dapat dilipat atau disembunyikan saat tidak dipakai misalnya seperti tempat tidur yang jika dilipat bisa digunakan sebagai sofa, maupun meja yang dapat dilipat atau disembunyikan jika tidak dipakai. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki ruang lebih untuk beraktivitas meskipun space apartemen Anda sempit atau kecil.

  • Gunakan susunan vertikal

Apartemen kecil memiliki space horisontal yang terbatas sehingga tidak memungkinkan jika Anda menyusun semua furniture dalam bidang atau ruang apartemen secara horisontal. Meskipun memungkinkan, ruang apartemen Anda yang kecil akan semakin terasa sempit serta sesak dengan berbagai furniture yang digunakan. Karena itulah sebaiknya Anda tidak menata atau meletakkan semua perabotan atau furniture dengan susunan horisontal.

Meskipun ruang horisontal pada apartemen yang berukuran kecil sangat terbatas, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih memiliki ruang vertikal di dalam apartemen Anda. Anda masih bisa memanfaatkan ruang vertikal pada apartemen Anda dengan cara menyusun furniture Anda secara vertikal.

Dengan cara ini, Anda bisa menghemat ruang horisontol untuk aktivitas sehari-hari. Dengan mengaplikasikan susunan vertikal, Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan ruang pada apartemen Anda, termasuk ruang yang sempit sekalipun di dalam apartemen Anda.

  • Ruangan terintegrasi

Selain memilih furniture yang tepat serta mengapikasikan susunan vertikal, desain interior apartemen kecil minimalis juga dapat diwujudkan dengan cara membuat ruangan di dalam kamar apartemen Anda saling terintegrasi satu sama lain. Artinya, antara ruangan yang satu dan ruangan lainnya diatur sedemikian rupa agar menjadi satu tanpa diberi banyak pembatas atau sekat.

Menambahkan terlalu banyak sekat atau pembatas ruangan pada kamar apartemen yang kecil akan membuat apartemen tampak lebih sempit. Sebaliknya, dengan membuat ruangan apartemen terbuka antara satu ruang dengan ruang yang lain, kamar apartemen yang spacenya kecil sekalipun akan tampak lebih luas.

Sekat atau pembatas ruangan dapat diaplikasikan pada area-area tertentu seperti ruang tidur agar terkesan lebih private. Namun, untuk area lain di  kamar apartemen seperti area menonton TV dengan area ruang tamu atau ruang makan tidak perlu diberi sekat agar kamar apartemen tidak terkesan terlalu sempit.

Untuk kamar apartemen dengan space yang tidak terlalu luas, penggunaan karpet dengan warna yang berbeda antara satu ruang dengan ruang lainnya dapat dijadikan pilihan sebagai pembatas antara kedua ruang yang bersangkutan.

  • Manfaatkan setiap celah

Di dalam sebuah hunian termasuk apartemen, Anda pasti akan membutuhkan ruang untuk menyimpan barang. Masalahnya, luasan apartemen yang tersedia mungkin saja terlalu sempit sehingga jika Anda meletakkan barang-barang secara sembarang kamar apartemen Anda justru akan semakin terasa padat dan sesak.

Meski dengan space apartemen yang terbatas, Anda tetap bisa membuat kamar apartemen menjadi terkesan lebih luas. Caranya adalah dengan menggunakansalah satu  konsep desain interior apartemen kecil minimalis, yaitu memanfaatkan setiap celah yang ada pada kamar apartemen Anda sekalipun celah tersebut kecil.

Manfaatkan celah atau ruang kosong tersebut dengan baik sebagai tempat penyimpanan. Meskipun celah kosong yang tersedia ukurannya kecil, Anda masih bisa mengakalinya dengan tata cara penataan barang-barang yang akan disimpan. Misalnya dengan menata atau menyusun barang-barang yang ingin disimpan tersebut dengan disusun ke atas atau vertikal.

  • Desain dapur minimalis
interior apartemen kecil minimalis
Foto by Rumah Minimalis

Dapur merupakan bagian yang penting dalam suatu hunian termasuk apartemen. Namun, permasalahan utamanya adalah space apartemen yang tersedia. Dengan space apartemen yang kecil atau terbatas, menambahkan dapur tentu akan membuat kamar apartemen Anda menjadi semakin sesak.

Namun, dengan konsep desain interior apartemen kecil minimalis, Anda bisa mendesain dapur minimalis agar kamar apartemen Anda tidak terlihat terlalu penuh atau sempit. Salah satu desain dapur yang dapat diterapkan untuk hunian atau apartemen minimalis adalah dapur dengan desain atau bentuk U.

Menerapkan desain U pada dapur di apartemen kecil dapat menghemat banyak ruang. Ini karena dapur dengan bentuk U dapat dibuat dalamspace yang sempit sekalipun. Meskipun dibangun di space apartemen yang kecil, namun mobilitas pemilik apartemen tidak akan terganggu dengan ukuran dapur yang kecil.

Selain efisien dalam hal pemanfaatan ruang, desain dapur berbentuk U memiliki kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah bentuk dapur U yang tidak akan menghambat aktivitas memasak di dapur tersebut. Sebaliknya, dapur berbentuk U justru membuataktivitas mencuci bahan makanan, mengambil barang, memasak, atau menyiapkan makanan dapat dilakukan dengan leluasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *