Interior Apartemen Mungil

Interior Apartemen Mungil Ini 7 Tips Yang Bisa Anda Ikuti

Interior Apartemen Mungil – Di zamna yang serba modern ini, cukup banyak keluarga yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen dibandingkan jenis hunian lainnya. Alasannya tentu saja karena tinggal di apartemen lebih praktis dan mudah, baik secara akses maupun untuk menunjang kebutuhan. Apalagi, apartemen biasanya dibangun dekat dengan pusat kehidupan, seperti ada pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan sebagainya.

Selain itu, banyak yang menilai apartemen lebih ekonomis dibandingkan mereka harus membangun rumah atau membeli rumah. Saat membeli apartemen, segalanya sudah didapatkan dalam satu unit, contohnya kamar mandi berikut dengan isinya. Sehingga, segalanya tidak perlu lagi dipikirkan dan dimasukkan dalam rencana anggaran. Bahkan, jika menyewa apartemen, isinya pun sudah tersedia.

Hanya saja, memang apartemen yang cenderung ekonomis memiliki ruangan yang lebih mungil. Inilah yang menjadi alasan orang banyak yang tidak menata ruangan aparteman layaknya rumah. Padahal, penataan apartemen sangat penting dilakukan, meski ruangan apartemen cenderung mungil. Di sinilah kreativitas diuji untuk membuat apartemen mungil terlihat nyaman dipandang dan ditempati.

Salah satu caranya adalah dengan mendekorasi atau menata ulang ruangan apartemen mungil menjadi hunian impian yang nyaman dipandang. Nah, demi mewujudkan hunian impian pada aparteen mungil Anda, berikut ini kami beirkan beberapa tips untuk renovasi interior apartemen mungil agar lebih nyaman dipandang dan dihuni. Mari simak bersama ulasannya.

Tips Renovasi pada Interior Apartemen Mungil

Interior Apartemen Mungil
  • Rancang interior sesuai dengan gaya hidup

Pertama dan jarang sekali dipedulikan adalah merancang interior yang disesuaikan dengan gaya hidup, hobi, atau kebiasaan-kebiasaan pemiliknya. Terkadang orang lebih memilih mengikuti model masa kini dibandingkan dengan melakukan penyesuaian terhadap apa yang lekat dengan dirinya. Padahal, gaya yang diikuti tersebut belum tentu sesuai dengan gaya hidupnya.

Untuk itu, penting menyesuaikan interior apartemen mungil dengan gaya hidup Anda sehari-hari. Misalnya, Anda adalah seorang pecinta seni, berikanlah sentuhan-sentuhan seni pada apartemen mungil Anda di beberapa sudutnya. Tujuannya adalah agar Anda merasa nyaman, meski berada di dalam apartemen yang ukurannya mungil. Dengan menciptakan suasana ruangan yang disesuaikan dengan hobi dan gaya hidup Anda, maka Anda akan merasa betah berada di dalamnya.

  • Gunakan cermin di beberapa bagian ruangan

Cermin merupakan salah satu benda yang kerap kali digunakan banyak hunian berukuran mungil untuk membuat ilusi ruangan menjadi lebih luas dan bersih. Meletakkan beberapa cermin pada sisi ruangan, akan membuat ruangan terasa lebih lega dan luas. Sehingga, Anda akan lebih leluasa berada di dalam apartemen.

Selain membuat ilusi optik, cermin juga mampu membuat pencahayaan yang Anda atur menjadi lebih luas lagi menjangkau sudut-sudut ruangan. Jadi bisa dikatakan, kehadirannya bisa menggantikan fungsi jendela. Namun demikian, Anda harus pintar-pintar memilih posisi yang tepat untuk peletakkannya. Sebab, jika meletakkan cermin terlalu berlebihan atau di tempat yang tidak sesuai, maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Bisa jadi, apartemen Anda malah terlihat seperti rumah makan padang.

  • Tempatkan furnitur di tempat yang strategis

Sebelum memutuskan untuk membeli furnitur, rancanglah terlebih dahulu posisi peletakkan furnitur tersebut. Anda juga harus menentukan peletakkannya berdasarkan dengan kegunaan furnitur tersebut. Misalnya, di mana sebaiknya meletakkan rak buku, seperti apa pelatakkan tempat tidur agar ruangan lebih luas, di mana meletakkan sofa agar tidak mengganggu lalu lintas di dalam ruangan, dan sebagainya.

Peletakkan furnitur tidak juga harus selalu menempel pada dinding. Agar terkesan lebih fleksibel dan tidak kaku, Anda bisa meletakkannya di posisi tengah ruangan selama tidak mengganggu ruang gerak. Misalnya, menempatkan furnitur di dekat pintu, dan sebagainya.

  • Membuat tambahan ruangan

Saat ruang apartemen Anda terbatas, maka penting untuk Anda berkreasi dengan apa yang telah ada tanpa mengubah bentuk original dari ruang apartemen tersebut. Anda dapat membuat sebuah ruang baru dengan menggunakan panel pemisah yang akan membuat ruangan di apartemen Anda bertambah, tanpa harus mengubah bentuk originalnya.

Contohnya, saat Anda akan memisahkan antara ruang tamu dengan kamar tidur pada sebuah apartemen tipe studio, maka Anda bisa memisahnya dengan memanfaatkan kayu triplek. Material ini mudah untuk di bongkar pasang. Jadi, saat Anda tidak lagi membutuhkannya, Anda bisa pindahkan atau bongkar sesuka hati. Sehingga ruangan juga tidak membosankan.

  • Sesuaikan warna

Pemilihan tema warna pada ruangan sangat penting dilakukan, karena warna ruangan juga akan sangat mempengaruhi luas atau tidaknya pandang pada ruangan apartemen. Jika Anda ingin memberikan ilusi ruang yang luas pada apartemen Anda, maka pilihlah warna yang lebih netral dan terang, seperti putih. Memperbanyak presentase cat berwarna putih pada ruangan akan memaksimalkan ilusi pada ruang.

Agar tidak terlihat sangat monoton, Anda bisa memberikan aksen warna lainnya yang sedikit ranum atau cerah pada beberapa bagian. Misalnya, pemilihan warna furnitur kayu yang membuat suasana ruangan terasa hangat, pemilihan furnitur atau list-list berwarna gelap yang akan membuat ruangan terasa adem, dan sebagainya.

  • Hadirkan tempat penyimpanan tersembunyi

Tempat penyimpanan tersembunyi adalah hal yang dibutuhkan untuk interior apartemen mungil. Mengapa? Sebab, dengan ruangan yang mungil, Anda tidak mungkin meletakkan segala perlengkapan Anda yang banyak jumlahnya di luar tempat penyimpanan. Oleh karenanya, dibutuhkan tempat penyimpanan khusus yang tersembunyi agar apartemen terlihat lebih rapi dan nyaman dipandang.

Salah satu caranya adalah dengan membuat furnitur multifungsi yang bisa jadi area penyimpanan barang-barang Anda yang jarang digunakan. Misalnya, meletakkan barang-barang di bawah kolong tempat tidur. Area kolong tempat tidur Anda bisa dihilangkan dan dijadikan laci-laci di bawah tempat tidur untuk menaruh banyak barang. Dengan begitu, Anda bukan hanya menghemat tempat saja, tapi juga menghemeat anggaran.

  • Berikan pencahayaan yang pas

Selain cermin, pencahayaan adalah hal yang penting dan sering disepelekan banyak penghuni apartemen. Padahal, salah satu cara membuat ruangan terlihat lebih luas adalah dengan memilih pencahayaan yang sesuai. Bukan hanya pilihan pencahayaannya saja, peletakkan atau pengarahan cahaya yang pas juga akan membuat mood pada ruangan menjadi berbeda-beda.

Ada banyak jenis pencahayaan yang bisa disesuaikan penempatannya dengan furnitur atau bentuk ruangan. Beberapa jenis pencahayaan ada juga yang bisa diarahkan pada suatu objek yang ingin ditonjolkan, misalnya pencahayaan ke arah lukisan. Anda juga bisa memilih lampu gantung di atas meja makan atau memasang lampu tanam pada langit-langit apartemen untuk membuat efek luas.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk persiapan renovasi apartemen mungil Anda. Dengan atau tanpa adanya desainer interior, penting untuk Anda memperhatikan tips-tips di atas. Sebab, sesuatu yang nyaman untuk diri Anda adalah sesuatu yang perlu disesuaikan dengan segala keinginan, hobi, dan gaya hidup Anda. Sehingga, hunian tersebut membuat Anda betah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *