warna apartemen yang cerah dan netral

Interior Apartemen Tipe Studio 21m, Ini Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih

Interior Apartemen Tipe Studio 21m – Memiliki hunian di tengah kota yang dekat dengan tempat kerja merupakan impian banyak orang. Namun, lahan yang terbatas dan banyaknya gedung pencakar langit membuat Anda tidak punya banyak pilihan dalam memilih hunian.

Apartemen mungkin menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tinggal di pusat kota dan dekat dengan tempat kerja. Selain menghemat ongkos transportasi, letak apartemen yang umumnya di pusat kota memberikan keuntungan bagi penghuninya karena dekat dengan fasilitas umum lain maupun pusat perbelanjaan.

Apartemen dan Kelebihannya

Apartemen adalah sejenis bangunan tempat tinggal yang cakupannya hanya sebagian dari suatu bangunan. Apartemen merupakan jenis hunian yang banyak dijumpai di pusat kota karena jumlah lahan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Kondisi kelangkaan dan keterbatasan lahan tersebut menyebabkan harga hunian di pusat kota menjadi mahal.

Meski begitu, ada jenis apartemen yang diperuntukkan bagi Anda yang punya budget terbatas yaitu apartemen tipe studio. Jenis apartemen tipe studio merujuk pada hunian apartemen yang hanya terdiri dari satu ruangan ditambah kamar mandi. Jenis apartemen tersebut tidak memiliki sekat atau dinding yang memisahkan kamar tidur, dapur, ruang makan maupun kantor.

Apartemen studio tersedia dalam ukuran mini dengan luas sekitar 20 sampai 30 meter persegi. Karena itulah apartemen studio tak berbeda jauh dengan kamar kos.

Tempat tidur, tempat makan dan bahkan dapur pun berkumpul menjadi satu. Karena tidak dipisah oleh sekat, maka perawatan apartemen studio akan lebih mudah dibanding jenis hunian lain seperti rumah atau apartemen dengan jumlah ruangan lebih dari satu.

Selain perawatan yang lebih mudah, karakteristik apartemen studio yang hanya terdiri dari satu ruangan bisa membuatmu menghemat budget.

Semakin luas suatu bangunan hunian akan semakin mahal harganya. Selain itu, semakin rumit bangunan hunian dengan banyak ruang , semakin Anda membutuhkan budget lebih untuk menyewa atau membelinya.

Mengingat karakteristiknya, apartemen studio lebih cocok untuk orang yang masih single karena akan sangat sulit bagi orang yang telah berkeluarga untuk tinggal di apartemen studio.

Apartemen dan Hubungannya dengan Interior

Bicara tentang apartemen tentu tidak bisa terlepas dari interior, mengingat interior merupakan elemen penting yang bisa membuat apartemen menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Interior dimaknai sebagai tata letak perabot yang ada di dalam sebuah bangunan atau ruangan. Penempatan perabot akan menentukan nuansa dan kesan dalam sebuah apartemen.

Karena itulah pemilihan interior serta perabot yang digunakan merupakan langkah yang sangat penting. Jika hal tersebut tidak diperhatikan, alih-alih memberikan apartemen kesan yang nyaman justru Anda malah menjadi tidak betah tinggal di apartemen tersebut.

Karena apartemen studio hanya terdiri dari satu ruangan saja, maka interior dan perabot yang digunakan pun perlu dipilih dengan baik. Sesuaikan perabot yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan luas apartemen.

Jika apartemen studio yang akan Anda tinggali memiliki luas 21 m, maka Anda perlu melakukan penyesuaian interior apartemen tipe studio 21m sehingga apartemen tersebut tidak terlalu sesak.

Tips Memilih Interior Apartemen Tipe Studio 21m

Kekurangan mendasar dari apartemen tipe studio adalah luasan yang terbatas. Karena itulah Anda harus memutar otak agar sebisa mungkin apartemen studio Anda tidak telalu sesak dan penuh perabot.

Pemilihan interior untuk apartemen studio bisa Anda dasarkan pada konsep rumah minimalis. Hal itu karena apartemen studio memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan rumah minimalis, yaitu ruang yang terbatas. Berikut beberapa tips memilih interior apartemen tipe studio 21m yang bisa Anda jadikan referensi.

  • Gunakan perabot multifungsi
interior apartemen tipe studio 21m
Foto by Furniterus

Untuk apartemen studio, Anda disarankan menggunakan perabot yang memiliki banyak fungsi sekaligus. Hal tersebut sangat penting mengingat apartemen studio memiliki ruang yang sangat terbatas.

Dengan ruang yang terbatas tersebut Anda membutuhkan perabot multifungsi sehingga apartemenmu tidak akan terlalu penuh dengan perabot.

Sebisa mungkin hindari penggunaan perabot dengan ukuran yang besar karena akan memakan lebih banyak ruang. Perabot yang berukuran besar juga akan memberikan kesan sesak pada apartemenmu.

  • Pencahayaan maksimal

Luasan apartemen studio yang terbatas ditambah dengan kehadiran berbagai furnitur bisa memberikan kesan penuh sesak dan sempit.

Apalagi jika apartemen studio tersebut kurang pencahayaan. Karena itulah Anda perlu memberikan pencahayaan yang maksimal dalam apartemen studio agar ruangan menjadi lebih terang.

Bila perlu, tambahkan banyak jendela pada apartemen studio Anda agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Selain menghemat energi, langkah ini juga bisa menyingkirkan kesan sempit pada apartemen studio Anda.

  • Manfaatkan ruang vertikal

Keterbatasan ruang pada interior apartemen tipe studio 21m mengarah pada keterbatasan ruang horisontal. Karena itulah dengan keterbatasan ruang horisontal tersebut, Anda perlu memanfaatkan ruang lain yang ada termasuk ruang vertikal.

Anda bisa memilih lemari maupun rak buku yang dapat dipasang di dinding ruangan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat ruang horisontal dan memaksimalkan penggunaan ruang vertikal yang ada.

Dengan memanfaatkan ruang vertikal, Anda bisa mencegah terciptanya kesan sesak dan pengap pada apartemen studio Anda. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan ruang horisontal yang ada untuk aktifitas sehari-hari tanpa merasa pengap dan sesak.

  • Gunakan warna yang cerah dan netral
warna apartemen yang cerah dan netral
Foto by Grid.ID

Pemilihan warna sangat penting dalam pengaturan interior. Apalagi dalam penerapan interior untuk apartemen studio yang sempit dan luasannya terbatas.

Untuk interior apartemen tipe studio 21m, sebaiknya Anda memilih cat serta perabot dengan warna yang netral dan cerah. Hal ini sangat penting karena pemilihan warna dapat mempengaruhi kesan ruangan.

Pemilihan warna yang berbeda dapat memberikan kesan yang berbeda terhadap ruangan. Penggunaan warna yang cerah dan netral seperti warna putih dapat membuat apartemen studio yang sempit menjadi terkesan lebih luas dan lapang.

Dengan begitu, Anda bisa menghindari terciptanya kesan sesak serta pengap pada apartemen studio dan membuatnya menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Pemilihan interior sebuah apartemen tidak bisa dilakukan sembarangan dan asal-asalan. Apalagi jika apartemen yang akan Anda tinggali bertipe apartemen studio yang notabenenya tidak luas. Anda pun perlu usaha ekstra demi membuat apartemen studiomu menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Untuk membuat apartemen studio menjadi tempat tinggal yang nyaman, Anda harus mengerahkan energi Anda dalam pengaturan interior.

Anda pun perlu belajar tentang ide interior apartemen dan aplikasinya dari berbagai sumber misalnya dengan tips memilih interior apartemen studio tipe 21m di atas. Dengan begitu, Anda sendiri pun bisa memilih interior untuk apartemen studio Anda sendiri tanpa harus memakai jasa orang lain.

Selain bisa mempelajari hal baru, Anda pun bisa menghemat budget agar tidak perlu menggunakan uang tabungan dari pos lain. Budget yang seharusnya Anda gunakan untuk membayar jasa desain interior bisa Anda tabung dan Anda alokasikanjika suatu saat ada keperluan yang lebih mendesak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *