Konsep Apartemen Minimalis Yang Bisa Anda Tiru

Apartemen merupakan salah satu hunian yang dirancang dengan fasilitas lengkap serta modern. Bangunan yang satu ini biasanya berada di kota-kota besar dengan konsep apartemen minimalis. Sekilas bangunan ini seperti rumah susun, akan tetapi fasilitas dan interiornya dibuat sangat modern dan berbeda dengan rumah susun.

Semakin bertambahnya jumlah penduduk, baik dari asal daerah maupun dari luar daerah, membuat semakin berkurangnya jumlah lahan. Di samping itu juga harga tanah khususnya di perkotaan semakin tahun semakin tinggi. Oleh karena itu, membuat banyak orang lebih memilih tinggal di apartemen.

Konsep apartemen minimalis atau cenderung memiliki ukuran kecil ini akan mengurangi jumlah lahan. Maka dari itu didesain khusus agar apartemen dengan konsep ini lebih terlihat leluasa, sederhana namun tetap terkesan mewah. Biasanya lebih banyak memainkan warna dan aksen berupa kayu. Berikut ini beberapa bagian dalam konsep yang kecil, namun mewah:

  • Bagian Kamar Tidur
konsep apartemen minimalis

Untuk bagian kamar agar terlihat luas walaupun ukurannya sempit atau kecil biasanya menggunakan peralatan yang multifungsi. Itu artinya akan semakin terkesan banyak ruang gerak. Oleh karena itu, kebanyak peralatan kamar tidak mengutamakan estetika akan tetapi lebih pada fungsinya.

Untuk memberikan kesan luas pada kamar minimalis, bisa memasang lemari yang panjang dengan kaca yang lebar serta multifungsi. Tata letak barang juga harus diperhitungkan sehingga tidak memakan banyak ruang. Untuk kesan lebih luas bisa menggunakan cat tembok warna putih atau hitam pada sudutnya.

Kenyamanan juga harus tetap terjaga, misalnya dengan menghadapkan ranjang pada jendela. Dengan begitu, akan langsung menikmati pesona atau pemandangan dari atas ketinggian. Konsep ini akan membuat lebih nyaman untuk tinggal di apartemen.

  • Bagian Kamar Mandi

Ada beberapa tipe kamar mandi yang akan lebih memanjakan Anda ketika tinggal di apartemen. Namun sebelumnya, selain memperindah dan terkesan luas, harus pula diperhatikan tingkat penggunaan air. Pasalnya, tagihan untuk biaya untuk air cukup mahal.

Oleh karena itu, Anda harus memilih salah satu antara bak atau sower saja. Untuk memberikan kesan luas pada umumnya sama dengan yang lainnya yaitu pasang kaca yang lebar untuk mengisi ilusi ruang. Berikut beberapa tema kamar mandi untuk konsep apartemen minimalis, mewah serta tampak begitu elegan.

  • Menggunakan tema monokrom dengan komposisi warna hitam dan putih. Penggunaan warna tersebut dapat diaplikasikan pada dinding, lantai area shower dan area lainnya. Semua keramik pada setiap bagian memiliki motif yang berbeda akan tetapi warna yang dipilih sama. Kamar mandi dengan tipe ini akan lebih terlihat sempurna.
  • Menggunakan bathtub dengan ukuran yang kecil serta menggunakan keramik dari batu marmer. Dengan seperti itu akan tampak lebih mewah dan berkelas.
  • Bergaya skandinavian dengan memasang beberapa figura dan karpet berbulu serta kaca yang lebar..
  • Memasang keramik dengan wallpaper yang sama dan penuh dalam satu ruang kamar mandi. Untuk terlihat luas, pasang juga kaca yang lebar agar mengisi ilusi ruang.
  • Bagian Ruang Tamu

Karena konsep apartemen minimalis, bukan berarti tidak memeperhatikan keindahan dan keluasaan. Ruang tamu dengan konsep ini akan terlihat lebih luas dan elegan dengan memasang peralatan dan memadukannya secara tepat. Misalnya sofa, meja, vas bunga, bagian sudut dan lain sebagainya harus seimbang dengan warna.

Dengan begitu, peralatan yang ada harus dibuat seelegan mungkin dan jangan memberikan warna yang terlalu bertabrakan. Hal tersebut mengingat ruang tamu adalah ruang penting dimana seseorang yang bertamu akan menilai apartemen yang Anda tempati. Aksesoris tambahan juga harus diperhatikan sedetail mungkin.

Berikut ini beberapa tipe ruang tamu dengan konsep minimalis:

  • Ruang tamu dengan tema multifungsi
ruang tamu

 Ruang tamu dengan konsep ini tidak hanya menampilkan kebahagiaan bersama keluarga, akan tetapi gaya estetika yang langsung bisa menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Berbagai perlengkapan ruang tamu ditambah dengan ruang santai seperti tempat menonton TV akan lebih terasa hangat.

  • Ruang tamu dengan sentuhan kayu dan aksesoris monokrom

Dengan sentuhan kayu pada bagian aksesoris pada dinding maupun rak buku akan semakin terkesan elegan. Di tambah pula dengan penggunakan karpet dan cat tembok yang senada serta perlengkapan lain yang disesuaikan. Tidak lupa pencahayaan ruangan yang diatur sedemikian rupa akan menabah kesan menarik.

Tidak hanya itu, penggunaan cat dinding berwarna putih dengan perlengkapan seperti shofa berwarna hitam dengan sentuhan kayu akan terlihat lebih cantik. Selain itu juga terlihat lebih simpel dan gaya yang begitu modern serta luas.

  • Ruang tamu kecil dan sederhana

Ruang tamu yang sederhana menyatu antara dapur dan ruang tamu akan lebih terlihat simpel. Pemilihan bahan dan juga ukuran peralatan yang sederhana namun tetap enak dipandang menjadi daya tarik tersendiri.

  • Bagian Dapur
dapur

Pada bagian dapaur, yang harus diperhatikan adalah alat dan juga penempatan furnitur. Dengan begitu, maka penuhilah dapur dengan peralatan yang memang digunakan lebih banyak. Sedangkan untuk furniture cukup dengan kompor dan perangkatnya, satu kulkas dan satu tempat cuci.

Serta lemari serba guna untuk menyipan peralatan-peralatan dapur. Hal tersebut dibutuhkan agar dapur tampak leluasa dan tetap rapi. Untuk konsep apartemen minimalis, kebanyakan menggunakan dekorasi interior dapur serba putih ataupun dengan sentuhan kayu.

Dapur dengan nuansa klasik namun bersih dan enak dipanang menjadi idaman bagi setiap orang. Terlebih konsep studio minimalis, yang hanya sebatas pada pojok dapur sehingga terlihat lebih leluasa. Tidak hanya itu, bisa juga ditambah dengan meja makan ala bar yang akan melengkapi kesempurnaandapur impian.

Dari beberapa bagian diatas, sebenarnya untuk konsep apartemen minimalis yang saat ini sangat populer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan alat yang serba guna atau multifungsi. Dengan begitu, tidak terlalu terlihat banyak barang yang justru akan mempersempit ruang gerak. Di samping itu, juga akan terlihat elegan dan rapi, sehingga kesan pertama tamu yang berkunjung akan baik pada apartemen.
  • Pemilihan desain dan warna yang tepat. Dengan memilih desain yang sederhana namun terlihat mewah dan berkelas akan sangat simpel untuk menata ruang apartemen. Di tambah dengan pemilihan yang tepat agar tidak bertabrakan antara objek satu dengan yang lainnya.
  • Memanfaatkan ruang serta mengatur pencahayaan. Memaksimalkan ruang bukan berarti harus dengan memperbanyak barang pada ruang. Akan tetapi memanfaatkan dari atas, bawah, samping dan sudut ruang agar menyatu dalam satu balutan. Kemudian dengan dukungan lampu yang seimbang di sesuaikan dengan kondisi ruangan.
  • Singkirkan barang-barang yang tidak penting. Hal tersebut akan membantu lebih terkesan rapi dan luas sehingga akan lebih nyaman ditempati.

Dengan konsep jasa interior apartemen Surabaya minimalis, akan sangat membantu penataan ruang gerak walaupun ukurannya cukup kecil. Perpaduan yang seimbang akan lebih terasa nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *