Konsep Interior Apartemen murah di surabaya

Konsep Interior Apartemen Harga Terjangkau dan Hemat Anggaran

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli unit apartemen umumnya sangat mahal. Dengan harga yang mahal, luas kamar apartemen umumnya cenderung sempit sehingga interior di dalamnya perlu diatur serta ditata dengan apik. Oleh karena itulah desain interior menjadi sangat penting agar apartemen yang dihuni menjadi sebuah tempat yang nyaman, indah, dan membuat betah.

Konsep Interior Apartemen murah di surabaya

Untuk mengatur desain interior apartemen, Anda dapat meminta bantuan desainer interior profesional. Namun, biaya yang perlu disiapkan pun akan lebih banyak. Oleh karena itulah jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, Anda dapat belajar tentang desain interior dan mencoba mendesain kamar apartemen sendiri dengan konsep interior apartemen harga terjangkau.

Tips Mendesain Interior Apartemen Sendiri

Mendesain interior apartemen sendiri dengan konsep interior apartemen harga terjangkau memang tidak mudah dan tidak praktis karena Anda perlu memikirkan tentang banyak hal. Meski begitu, hal ini layak dicoba. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain interior apartemen sendiri.

  • Memahami ruang yang tersedia dengan baik

Sebelum mendesain interior apartemen, Anda harus memahami ruang yang tersedia dengan baik. maksudnya, Anda harus tahu tentang ukuran dan luas kamar apartemen dengan pasti, bukan sekadar perkiraan. Dengan mengetahui serta memahami ruang yang tersedia dengan baik, Anda akan dapat memperkirakan ukuran furnitur yang tepat untuk kamar apartemen Anda. Anda juga dapat memperkirakan furnitur apa saja yang dapat Anda masukkan ke dalam apartemen tanpa membuatnya menjadi terlalu sesak. 

  • Fokus pada kebutuhan

Selain mengetahui ukuran ruang dengan baik, Anda juga harus menahan diri untuk tidak menambahkan terlalu banyak furnitur. Pastikan bahwa furnitur yang Anda beli benar-benar furnitur untuk memenuhi kebutuhan. Benda-benda yang fungsinya hanya sebagai elemen dekorasi sebaiknya dikurangi dan tidak diutamakan. Fokuslah pada furnitur dan barang-barang yang memang  benar-benar penting dan fungsional. Apabila masih ada sedikit ruang kosong untuk elemen dekorasi, baru Anda bisa menambahkannya. Contohnya seperti lukisan, foto, maupun vas bunga.

  • Tentukan tema

Tema menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur konsep interior apartemen harga terjangkau. Tema merupakan inti atau pokok dari suatu hal yang kisarannya sangat luas. biaya desain interior apartemen Misalnya Anda ingin membuat kamar apartemen yang bertema cokelat, maka Anda dapat menggunakan cat serta furnitur dengan warna cokelat yang dominan. Meski begitu, Anda dapat menambahkan elemen warna yang lain agar kamar apartemen menjadi tidak monoton.

Jika Anda ingin memberikan nuansa alami dan menyegarkan pada kamar apartemen, Anda dapat menghias kamar apartemen dengan cat warna hijau dan furnitur berbahan kayu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pot kecil berisi tanaman hidup sebagai elemen dekorasi.

  • Pilih furnitur yang sesuai

Furnitur yang harus dipilih untuk kamar apartemen dengan harga terjangkau sangat tergantung dari selera, konsep, serta tema yang Anda tentukan. Namun, furnitur juga perlu menyesuaikan dengan ukuran kamar apartemen. Artinya, Anda harus memilih furnitur dengan ukuran yang tepat agar kamar apartemen tidak terlalu sesak.

apartemen dengan furnitur gantung

Hal yang perlu diingat adalah bukan berarti apartemen dengan penataan interior yang indah memerlukan biaya yang mahal. Dengan pengelolaan yang tepat, Anda dapat membuat interior apartemen tampak nyaman dan indah dengan biaya terjangkau. Misalnya untuk apartemen studio yang hanya terdiri dari satu kamar, Anda dapat menggunakan sofabed yang dapat digunakan untuk menerima tamu dan juga sebagai tempat tidur di malam hari. Dengan begitu, Anda tidak perlu memenuhi kamar apartemen studio yang sempit dengan sofa biasa yang dapat mempersempit ruangan.

Jika ingin lebih menjaga privasi, Anda dapat memiliki tempat tidur. Namun, keberadaan sofa dapat digantikan dengan kursi lipat atau bantal duduk yang tidak memakan banyak tempat.

  • Kelola ruang penyimpanan dengan baik
kabinet-furniture-ala-drakor-korea

Salah satu tantangan memiliki kamar apartemen dengan luas yang relatif sempit adalah masalah ruang penyimpanan. Dibutuhkan kemampuan mengelola ruang penyimpanan dengan baik agar kamar apartemen tidak tampak berantakan, pengap, dan sesak. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat memilih furnitur seperti rak atau lemari yang tinggi untuk memaksimalkan ruang vertikal pada konsep interior apartemen harga terjangkau. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memanfaatkan ruang kosong seperti sudut-sudut ruangan seperti di dapur, misalnya untuk menyimpan bumbu sehingga tidak ada ruang kosong yang tidak dimanfaatkan.

  • Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan sangatlah penting dalam apartemen yang luasnya relatif sempit. Oleh karena itulah memaksimalkan pencahayaan sangat disarankan baik menggunakan cahaya alami maupun cahaya lampu. Jika kamar apartemen Anda memiliki jendela untuk ventilasi dan pencahayaan alami, buka jendela tersebut di siang hari. Pastikan juga lampu dipasang di posisi yang tepat untuk memberikan pencahayaan yang merata saat cahaya alami tidak tersedia.