Tips Desain Interior Apartemen Minimalis 1 Kamar

furnitur multifungsi untuk apartemen minimalis

Apartemen kini banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah urban dengan mobilitas tinggi. Hal ini karena letak apartemen yang biasanya strategis, dekat dengan pusat kota, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, dan kebutuhan harian lainnya.

Sehingga, untuk menggapai tempat-tempat ini, seseorang tidak memerlukan waktu yang lama dan terjebak oleh kemacetan jalan.

Bukan sekadar strategis, alasan lain masyarakat memilih apartemen sebagai hunian juga karena kepraktisan.

Di apartemen segalanya tersedia, mulai dari keamanan 24 jam, perawatan ruang, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Segalanya terasa praktis dan mudah dilakukan dengan memilih hunian apartemen.

Tips Desain Interior Apartemen Minimalis 1 Kamar

Ada banyak tipe unit apartemen yang bisa dipilih sebagai hunian, salah satu tipe unit yang paling digemari dan kerapkali laku pesat adalah tipe 1 kamar. Alasannya, tentu saja karena kepraktisan itu tadi.

Dengan memilih tipe unit apartemen 1 kamar, Anda tidak perlu makan waktu banyak untuk membersihkan apartemen sehari-harinya.

Biasanya tipe unit apartemen 1 kamar memang cenderung kecil, namun Anda tetap bisa lho mendapatkan kenyamanan, meski ukuran ruangan terbatas.

Asalkan pintar mengatur ruang, maka apartemen yang mungil pun bisa terasa luas dan fungsional. Khusus tipe apartemen 1 kamar, Anda harus ekstra pintar membuat trik desain interior apartemen 1 kamar agar terlihat lebih leluasa.

Tips dan Trik Mendesain Interior Apartemen Satu Kamar

Ukuran apartemen 1 kamar yang tidak luas, kadang membuat seseorang bingung mengatur interior apartemen agar tetap dapat memberikan kenyamanan sesuai kebutuhan. Kesalahan pengaturan interior apartemen bisa membuat ruangan kecil jadi terlihat sumpek.

Nah, berikut ini tips dan trik mengatur interior apartemen 1 kamar agar Anda semakin nyaman di hunian.

  1. Pilih furnitur multifungsi
furnitur multifungsi untuk apartemen minimalis

Trik yang satu ini tentu sudah banyak diketahui dan diaplikasikan pada para penghuni apartemen atau rumah-rumah minimalis. Memilih furnitur yang multifungsi memang salah satu kunci sukses mengatur interior apartemen 1 kamar.

Sebab, trik ini sangat bisa diandalkan untuk menghemat ruang yang ada, sehingga apartemen Anda tidak perlu terlalu banyak diisi barang.

Misalnya, memilih ranjang yang sudah sekaligus dengan lemari di bagian bawahnya. Jika Anda berpikir ingin menggunakan mesin cuci, Anda bisa menggabungkan ruang dapur mini Anda sekaligus ruang laundry dengan cara memilih mesin cuci tipe front-load. Dengan begitu, bagian atas meja dapur masih bisa digunakan sebagai meja saji. Manfaatkan pula dinding sebagai lemari penyimpanan.

  • Pilih furnitur foldable

Selain menggunakan furnitur multifungsi, Anda juga bisa memilih furnitur foldable untuk menggantikan fungsi furnitur yang tidak selalu digunakan. Misalnya, dengan memilih meja makan yang bisa dilipat atau didorong ke salah satu bagian meja dapur.

Sehingga, saat meja makan sedang tidak digunakan bisa dilipat. Teknik ini berhasil membuat apartemen 1 kamar Anda terasa lebih lega.

  • Letakan perabot pada satu sisi
tips taruh ruang presisi untuk apartemen minimalis

Meletakan segala perabot atau furnitur hanya pada satu sisi juga bisa membuat kamar terasa lebih tega dan jauh dari kesan sumpek.

Misalnya, dengan meletakkan seluruh perangkat dapur, kulkas, hingga mesin cuci hanya pada satu sisi dinding. Anda juga bisa memanfaatkan rak gantung dinding atau ambalan untuk meletakkan lebih banyak barang, tanpa mengambil jatah sisi ruang bagian bawah.

  • Jadikan ruang tv juga sebagai ruang tamu

Tempat yang terbatas selalu menjadi kendala tipe apartemen 1 kamar, karena itu sebaiknya tidak memaksakan memiliki banyak ruang. Gabungkanlah dua fungsi ruangan menjadi satu, seperti menjadikan ruang TV sekaligus sebagai ruang tamu. Pilihlah sofa yang minimalis agar ruangan terasa lega. Tidak perlu juga menggunakan meja tv dan bisa menggantinya dengan menggantung tv menggunakan bracket.

  • Buat kitchen set mini
buat kitchen set mini untuk apartemen

Sebagai sebuah hunian, tentu apartemen bukan hanya berisi kamar tidur saja. Apartemen tetap membutuhkan dapur, meski ukurannya mini. Dalam desain interior apartemen seperti ini, Anda tidak perlu menggunakan kitchen set besar.

Gunkanlah kitchen set mini dengan banyak ruang penyimpanan agar dapur terlihat tidak sumpek dan sempit.

  • Atur penggunaan warna dan pola
warna yang saling mengikat untuk apartement studio

Salah satu hal yang jarang diperhatikan, namun sangat mempengaruhi kesan ruangan apartemen 1 kamar adalah pengaturan pola dan warna. Kombinasi pola dan warna bukan hanya menjaga nuansa interior apartemen, tetapi juga saling mengikat.

Bagaimana apartemen terlihat hidup dan nyaman sebagai satu kesatuan terlihat dari padu padan pola dan warna yang digunakan.

Klik link ini untuk intip biaya desain interior apartemen, biar Anda tidak kekurangan budget saat renovasi apartement

Jika ingin apartemen 1 kamar Anda terlihat luas, pilihlah warna-warna terang sebagai warna dasar atau warna yang mendominasi ruang. Anda bisa memberikan sedikit sentuhan pola atau warna yang kontras dengan ruangan, hanya saja jangan jadi dominasi jika ingin apartemen terlihat luas. Kuncinya ada pada kesatuan warna yang serasi.

suka konten kami? share yuk

Artikel Menarik Lainnya