design apartemen studio type 21

Desain Apartemen Studio Tipe 21 Solusi Hunian Minimalis

Desain Apartemen studio tipe 21 selalu menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di perkotaan mengingat privasi dan keamanan yang lebih terjamin daripada tinggal di perumahan. Apalagi keterbatasan dana kadang menjadi alasan bagi sebagian orang untuk memilih tinggal di unit hunian vertikal ini.

Tentunya saat ini sudah banyak jenis properti berbentuk apartemen yang murah dan nyaman untuk ditinggali. Apalagi jika Anda tinggal sendiri atau memiliki keluarga kecil, apartemen mungil bukanlah masalah.

Aktivitas di luarpun seringkali membuat apartemen hanya sebagai tempat pulang dan beristirahat setelah suntuk bekerja seharian. Yang Anda butuhkan adalah kenyamanan saat beristirahat.

Nah, solusi untuk keadaan seperti ini adalah hunian mungil berupa apartemen studio tipe 21. Apartemen ini disebut studio karena hanya terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi.

Berdasarkan namanya, apartemen ini seluas 20m2-30m2. Meski terdiri dari satu ruang tidur, ruangan ini dapat digunakan menjadi berbagai fungsi seperti ruang tamu bahkan dapur.

Saat ini sudah banyak apartemen yang menawarkan apartemen tipe 21 ini. Tentunya untuk membuat hunian Anda lebih nyaman untuk ditinggali, Anda perlu inspirasi desain konsep apartemen minimalis yang akan diulas dalam artikel ini.

5 Desain Apartemen Studi Tipe 21 Yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

  • Desain Minimalis
desain apartemen studio tipe 21
Foto by Rumah

Jika Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan daripada di dalam apartemen, tipe yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Kenyamanan kamar dan tempat tidur adalah fokus utama pada desain apartemen ini.

Anda tak perlu spot untuk dapur. Selanjutnya Anda dapat memasukkan furniture kamar tidur berupa ranjang dan kasur yang besar, lampu tidur, dan televisi kesayangan untuk menonton TV di malam hari.

Tentunya ranjang yang besar dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman sehingga esok harinya Anda dapat bangun dengan segar.

Apartemen ini juga cocok untuk Anda yang jarang masak di rumah. Manfaatkan ruang untuk dapur menjadi tambahan space agar kamar tidur lebih luas dan tidak terasa sumpek tentunya.

Nah, yang Anda perlukan selain tempat tidur yang besar dan nyaman adalah kamar mandi dan toilet. Tentunya bagian yang satu ini jangan sampai ketinggalan ya.

  • Desain Mezzanine
design apartemen studio type 21
Foto by Archify

Mezzanine merupakan salah satu cara mengatasi luas ruangan studio yang terkesan sempit. Mezzanine akan memberikan storage tambahan sehingga Anda akan mendapatkan apartemen dengan beberapa partisi yang menjadi ruangan.

Syarat utama menambahkan mezzanine pada unit Anda adalah pastikan jarak antara lantai dan ceiling setinggi 3 meter. Mezzanine tidak dapat ditambahkan pada ruangan yang jarak antara lantai dan ceiling berdekatan.

Mezzanine memungkinkan Anda memanfaatkan setiap ruang kosong di apartemen Anda. Anda dapat memiliki tempat tidur di bagian atas Mezzanine. Sementara itu, bagian bawah dapat dimanfaatkan menjadi ruang tamu, ruang kerja, dan juga dapur.

Sudut-sudut yang kosongpun dapat diisi dengan buku-buku atau alat lain yang ingin Anda simpan. Desain yang menggunakan lantai tambahan atau buatan ini juga tidak membuat kamar terlihat sempit. Justru sebaliknya, setiap sudut yang diletakkan barang dengan rapi akan membuat kesan bersih dan luas.

  • Desain Worker
desain apartemen studio type 21
Foto by Blibli.com

Desain yang satu ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang sering mengerjakan pekerjaan di rumah atau lembur tugas yang membutuhkan kenyamanan ruangan kerja.

Aturlah ruangan apartemen menjadi ruang kerja yang Anda inginkan. Masukkan pula alat-alat kerja Anda untuk memudahkan pengerjaannya di rumah. Nah, untuk kamar tidurnya Anda dapat membuat nook di dekat jendela. Gunakanlah bahan yang lembut dan empuk untuk nook Anda.

Buatlah kasur darurat ini dengan ukuran sedang dan cukup di kaca jendela ini. Meskipun nook biasanya dijadikan tempat duduk di pinggir jendela, Anda dapat menyulapnya menjadi tempat tidur. Jangan lupa menambahkan bantal-bantal besar dan selimut agar tempat tidur di ruang kerja ini menjadi lebih nyaman.

Selain space untuk tempat kerja Anda, Anda juga bisa membuat mini pantry di sudut ruangan. Letakkan meja sudut yang dapat menjadi tempat memasak dan menyajikan makanan.

Anda tak perlu menggunakan banyak space untuk bagian dapur ini. Anda hanya membutuhkan sisi untuk kompor, gas, dan peralatan makan seperti piring, sendok, dan garpu.

  • Desain Sekat

Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa dengan bagian-bagian rumah yang memiliki sekat untuk membagi-bagi rumah menjadi beberapa kamar dan bagian, tipe yang satu ini akan menjadi favorit bagi Anda maupun keluarga Anda. gunakanlah sekat yang tidak terlalu tebal untuk memisahkan bagian-bagian rumah.

Dengan 21m2 Anda bisa mendapatkan hunian dengan satu ruang tamu, satu kamar tidur, dan satu kamar mandi. Anda juga dapat memanfaatkan sudut ruangan sebagai area belajar ataupun kerja.

Desain sekat dikhawatirkan dapat membuat apartemen terlihat lebih kecil dan sempit. Oleh karena itu, Anda harus memilih warna yang sesuai dan tidak terlalu ramai. Ruangan yang memiliki desain dinding maupun interiornya ramai dan terlalu bewarna-warni kan membuat rumah terlihat berantakan dan tidak teratur.

Oleh karenya, gunakanlah warna-warna senada seperti hitam, putih, abu-abu, krim, dll. Warna yang senada ini akan membuat apartemen mungil ini terlihat lebih luas dan terang. Selain itu, letakkanlah perabotan yang penting untuk apartemen Anda. Jangan menumpuk terlalu banyak barang karena akan membuat apartemen Anda semakin sempit.

  • Desain Kamar Hotel

Tahukah Anda bahwa desain apartemen studio tipe 21 memiliki ukuran yang hampir sama dengan kamar hotel? Anda bisa menyontek desain kamar hotel tersebut.

Seperti yang kita tahu beberapa tipe kamar hotel tidak hanya berisi tempat tidur tapi juga beberapa area seperti mini pantry dan ruang tamu. Untuk membuat suasana kamar lebih luas Anda tak perlu menambahkan sekat berupa tembok. Gunakanlah sekat berupa partisi kayu dengan bukaan ruang yang cukup lebar. Bukaan ruang akan membuat kamar terlihat lebih lega.

Bagian di dekat pintu masuk dapat menjadi area ruang tamu yang berisikan beberapa sofa kecil dan ottoman. Dilanjutkan dengan mini pantry di tengah ruangan berupa meja bar dengan beberapa peralatan masak yang Anda perlu gunakan. Di paling ujung Anda dapat menambahkan tempat tidur dengan perangkat televisi di depan tempat tidur.

Anda dapat menikmati istirahat Anda sembari menonton tayangan kesayangan Anda pada malam hari. Juga, Anda dapat menggunakan wardrobe model showcase dengan beberapa gantungan di besi melingkar dan diletakkan di sudut ruangan daripada menggunakan lemari yang memakan tempat di kamar.

Nah, itulah beberapa ide desain untuk kamar apartemen studio tipe 21 yang dapat Anda terapkan di kamar Anda. Memiliki apartemen yang mungil tidak ada salahnya apalagi saat ini mobilitas di tempat kerja lebih menyita waktu daripada aktivitas di dalam apartemen.

Selain itu, tipe apartemen ini memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki bujet terbatas namun memiliki niat dan semangat tinggi untuk memulai kehidupan di kota besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *