Interior Apartemen Dapur Minimalis Yang Harus Anda Coba

Interior apartemen dapur – Dapur adalah ruangan yang sangat penting dalam sebuah hunian, baik pada rumah tapak maupun apartemen. Jika dapur pada rumah tapak masih memungkinkan untuk memiliki ukuran yang besar dan luas, namun dapur pada apartemen mungkin tidak. Ini karena sebagian besar apartemen yang ada di kota-kota besar tidak memiliki terlalu banyak space. Dengan kata lain, luasan apartemen yang tersedia pada umumnya tidak terlalu luas. Karena itulah memiliki dapur yang luas di apartemen kecil jelas tidak bisa diwujudkan, kecuali pada jenis apartemen yang luas.

Meskipun tidak memungkinkan untuk membuat dapur dengan ukuran besar di apartemen yang berukuran kecil, namun Anda masih bisa membuat dapur Anda tampak lebih luas meskipun ukurannya kecil. Caranya adalah dengan menerapkan konsep interior dapur apartemen minimalis.

desain dapur apartemen

Sama halnya dengan bagian lain dari sebuah kamar apartemen yang bisa didesain dengan konsep minimalis, dapur pun dapat ditata agar tampak modern dan minimalis dengan ide interior apartemen Surabaya. Dapur apartemen dengan konsep minimalis kini semakin digemari karena luas atau space apartemen yang umumnya terbatas.

Cara Menata Interior Apartemen Dapur yang Kecil Agar Tampak Luas

Konsep minimalis yang diterapkan pada bagian dapur dari sebuah apartemen bisa bermacam-macam. Namun dengan space yang sempit atau ukuran dapur yang mungil, dapur dapat terlihat sesak jika tidak diatur atau ditata dengan baik.karena itulah diperlukan kemampuan untuk menata interior di dapur kecil agar tak terkesan penuh atau sempit.

Untuk mencegah agar dapur apartemen yang kecil terkesan sempit, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips menata dapur dengan konsep minimalis. Berikut beberapa tips menata interior apartemen dapur dengan mengusung konsep minimalis agar dapur tak terlihat sempit:

  • Dapur berbentuk U
interior dapur berbentuk U

Dapur dengan bentuk U memang belum banyak digunakan di Indonesia. Namun dengan mengatur interior apartemen dapur kecil Anda menjadi bentuk U, dapur yang berukuran kecil sekalipun dapat memberikan ruang gerak yang dinamis saat Anda menggunakannya. Dengan desain dapur berbentuk U, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di dapur seperti mencuci bahan makanan, memasak, menyiapkan makanan, dan lain-lain dengan leluasa tanpa terhambat oleh ukuran dapur yang kecil. 

  • Penggunaan rak terbuka
Penggunaan rak terbuka

Jika umumnya rak pada dapur dibuat tertutup untuk melindungi barang-barang atau peralatan di dalamnya dari debu, namun sebenarnya ada desain rak dapur dengan bentuk terbuka atau yang disebut juga dengan open shelving.

Anda bisa mencoba menggunakan rak dengan desain terbuka atau open shelving pada dapur Anda yang berukuran kecil. Misalnya dengan menerapkan desain terbuka atauopen shelving pada rak dapur yang menempel di dinding.

Penerapan desain rak dapur terbuka atau open shelving pada dapur kecil ini dapat memberikan kesan luas pada dapur kecil Anda karena kemampuannya dalam menciptakan ilusi. Selain mampu memberikan ilusi agar dapur kecil Anda tampak lebih luas, penggunaan rak dapur dengan desain open shelving juga dapat memberikan nilai estetika yang unik.

Caranya adalah dengan melakukan pengaturan serta penataan barang yang rapi pada open shelving atau rak terbuka tersebut. Meskipun dapat memberikan nilai estetika yang unik, namun Anda harus selalu memperhatikan kebersihan jika menggunakan desain rak terbuka atau open shelving ini. Rak dapur yang terbuka membuat barang-barang lebih mudah terkena debu sehingga Anda harus selalu memperhatikan kebersihan barang-barang tersebut.

  • Hindari menumpuk barang

Barang yang ditumpuk akan memberikan kesan sesak serta sempit pada ruangan apartemen tidak terkecuali pada dapur. Membiarkan piring bertumpuk pada cucian piring sebelum atau setelah dicuci akan memberikan kesan penuh pada dapur yang kecil. Karena itulah Anda perlu menyimpan peralatan tersebut pada lemari penyimpanan barang agar dapur kecil Anda tidak terkesan penuh dan sempit.

Selain membuat dapur Anda terlihat lebih luas, menyimpan perkakas dapur di dalam lemari penyimpanan juga dapat menjaga kebersihan peralatan tersebut dari debu-debu yang mungkin menempel. Jika Anda ingin meletakkan peralatan makan dan peralatan memasak Anda di luar, Anda bisa menyiasati agar dapur tak tampak penuh dan sempit. Caranya adalah dengan memilih serta menggunakan peralatan makan atau peralatan dapur dengan warna yang sama dengan cat dapur Anda.

  • Menggunakan warna yang tepat

Warna putih merupakan warna khas yang sering digunakan pada desain interior dengan konsep minimalis termasuk interior apartemen dapur. Ini karena warna putih yang diaplikasikan pada ruangan yang sempit dapat membuat semua ruangan yang ada di dalam hunian tampak lebih luas. Tentunya, efek tersebut juga berlaku pada dapur apartemen. Gunakanlah cat warna putih untuk mewarnai dinding dapur Anda.

Meski begitu, bukan berarti Anda hanya bisa menggunakan satu warna. Penggunaan warna putih dominan memang dapat membuat dapur tampak lebih luas, tetapi menggunakan satu warna saja dapat menyebabkan dapur kecil Anda terkesan monoton. Agar dapur tidak terkesan monoton, Anda dapat menggunakan warna lain untuk memberikan aksen pada dapur.

Selain menggunakan warna putih pada dapur sempit agar dapur tampak lebih luas, Anda juga dapat memilih warna lain selain warna putih untuk mewarnai dinding dapur Anda. Warna yang dapat digunakan untuk menghias dapur kecil Anda selain warna putih misalnya warna palet cerah. Ini karena warna tersebut dapat memancarkan energi positif pada penghuni apartemen. Dengan begitu, meskipun ukuran dapur Anda kecil, namun dapur Anda dapat memberikan kesan yang lebih cerah dan terang.

  • Maksimalkan penerangan

Penerangan sangatlah penting dalam ruangan manapun di dalam sebuah hunian, tidak terkecuali dapur. Terlebih karena aktivitas memasak di dapur membutuhkan ketelitian yang tinggi. Membiarkan dapur yang kecil dan sempit kurang penerangan hanya akan membuat dapur terlihat lebih sempit.

Karena itulah Anda perlu memastikan bahwa dapur Anda yang sempit atau kecil mendapatkan penerangan atau cahaya yang cukup. Usahakan agar dapur mendapatkan pencahayaan atau penerangan yang maksimal. Penerangan yang digunakan untuk menerangi dapur bisa berasal dari cahaya alami atau cahaya lampu agar dapur tampak lebih luas. Sebaiknya Anda memasang lampu pada area penting di dapur seperti tempat mencuci, tempat memasak serta countertop.

  • Manfaatkan setiap sudut

Pada apartemen kecil atau sempit, setiap sudut atau area kosong merupakan aset yang berharga. Hal ini sama dengan dapur apartemen yang kecil atau sempit. Karena itulah jika Anda memiliki dapur apartemen yang kecil, sebaiknya Anda memanfaatkan setiap sudut dapur yang ada untuk menambah sisi fungsional dari dapur tesebut.

Sudut-sudut tersebut dapat dimanfaatkan misalnya sebagai tempat penyimpanan. Misalnya dengan membuat kabinet atau laci kecil di sudut dapur. Anda juga bisa menggunakan dinding untuk menempelkan lemari kabinet untuk menyimpan berbagai jenis barang atau pun peralatan interior apartemen dapur termasuk peralatan makan yang tidak dipakai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *