interior apartemen kecil minimalis

Interior Dapur Apartemen Simpel Yang Cocok Untuk Anda

Interior Dapur Apartemen Simpel – Menilik fungsinya, dapur merupakan salah satu bagian utama dari sebuah apartemen. Karena itulah apartemen umumnya dilengkapi dengan dapur. Dapur perlu dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dapat menunjang fungsi dapaur sebagai tempat untuk memasak. Tidak jarang peralatan yang melengkapi dapur cukup banyak sehingga dapur menjadi terkesan sesak.

Terlebih pada dapur yang ada di apartemen yang notabenenya memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Karena itulah dibutuhkan interior apartemen sederhana berupa furniture atau perabotan dapur apartemen yang simpel atau sederhana. Beberapa furniture atau perabotan dapur yang utama untuk melengkapi dapur apartemen adalah kithen set, meja makan, lemari penyimpanan.

Tips Memilih Interior Dapur Apartemen Simpel Agar Tampak Cantik

Interior Dapur Apartemen Simpel
Interior Dapur Apartemen Simpel

Memiliki dapur yang cantik tentunya menjadi idaman bagi banyak orang, terutama para wanita dan ibu-ibu yang sering bersinggungan dengan dapur. Untuk memiliki dapur yang cantik, Anda perlu desain interior dapur yang sesuai seperti desain interior dapur apartemen simpel. Agar dapur apartemen tampak cantik dan menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti warna cat, material furniture hingga desain furniture yang akan digunakan. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan sebagai panduan bagi Anda untuk mendapatkan dapur apartemen yang cantik.

  • Memilih warna cat

Warna adalah salah satu elemen penting yang dapat mewakili dapur. Karena itulah warna seringkali terlibat dalam desain interior suatu dapur termasuk interior dapur apartemen simpel. Melalui pemilihan warna, dapur dapat terlihat lebih menonjol atau malah menjadi tidak menonjol. Karena itulah dibutuhkan warna yang tepat untuk menghias dapur apartemen. Salah satu warna yang dapat dijadikan pilihan untuk mewakili dapur apartemen adalah warna putih.

Warna putih dalam desain interior mampu memberikan kesan pada suatu ruangan agar tampak lebih lapang. Selain itu, penggunaan warna putih pada dinding dapur apartemen yang kecil juga dapat memberikan kesan terang pada dapur mengingat dapur apartemen yang kecil akan terasa gelap tanpa adanya penerangan yang cukup. Karena itulah penggunaan warna putih pada dapur apartemen yang ukurannya terbatas atau kecil sangat disarankan.

Dengan menggunakan warna putih sebagai warna dominan pada dapur apartemen, kesan sempit atau sesak pada dapur apartemen dapat dihilangkan. Penggunaan warna putih juga dapat membuat dapur apartemen menjadi lebih terang, lebih bersih serta lebih berkelas.

Walaupun menggunakan warna putih sebagai warna utama pada dapur, namun Anda bisa menambahkan beberapa elemen warna lain pada dapur agar tidak terkesan monoton. Misalnya dengan menambahkan wallpaper berpola pada dapur, atau menggunakan furniture dengan warna yang berbeda. Tentunya, Anda harus mempertimbangkan kesesuaian warna-warna tersebut.

Selain warna putih, Anda juga bisa memperindah dapur apartemen dengan menggunakan warna-warna yang memberikan kesan hangat seperti warna pastel atau earthy tone. Warna tersebut dapat diaplikasikan pada dinding maupun pada furnitur dapur. Tentunya, pemilihan warna tersebut juga perlu disesuaikan dengan luas ruangan dapur agar tetap terkesan nyaman dan luas.

  • Desain furnitur yang minimalis

Selain fungsi furniture, desain furniture juga penting.Desain furniture adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih furniture. Terlebih pada apartemen yang berukuran kecil. Untuk ruangan apartemen, furniture yang digunakan sebaiknya adalah furnture minimalis. Furniture yang digunakan pada dapur apartemen juga sebaiknya bergaya minimalis.

Hal ini sangat penting mengingat ukuran dapur apartemen yang umumnya sangat kecil. Dengan menggunakan furniture dapur dengan desain minimalis, ruang dapur Anda yang sempit sekalipun dapat diatur agar memiliki ruang gerak yang lebih lebar. Dengan begitu, aktivitas Anda di dapur tidak akan terganggu.

Pada dasarnya, furniture dengan desain minimalis memiliki dua ciri yaitu ukurannya yang minimalis atau tidak terlalu besar, serta fungsi furniture yang lebih dari satu. Karena itulah menggunakan furniture dapur dengan desain minimalis sangat cocok untuk interior dapur apartemen dapur simpel. Dengan menggunakan furniture dapur yang tepat dan minimalis, dapur apartemen yang kecil tetap terasa nyaman dan luas tanpa berkurang fungsinya. Contoh furniture dapur dengan desain minimalis adalah lemari kabinet yang menempel pada dinding dengan cupboard rahasia.

Selain menggunakan lemari kabinet tersembunyi, anda juga dapat menggunakan kitchen set dengan desain minimalis misalnya kitchen set berbentuk U. Desain U tidak hanya dapat memberikan fungsi penuh dari sebuah kitchen set tetapi juga dapat memberikan keleluasaan saat bergerak kepada Anda saat memasak di dapur apartemen yang kecil. Penggunaan kitchen set pada dapur apartemen juga dapat lebih menghemat ruang karena kitchen set juga dapat digunakan sebagai meja makan.

  • Pilih material yang tepat

Selain mempertimbangkan desain saat memilih furniture, memilih furniture dengan material yang tepat juga sangat penting. Ini karena material furniture akan menentukan ketahanan dari furniture yang bersangkutan. Misalnya, pilih kabinet dengan material anti air. Aktivitas memasak yang dilakukan di dapur akan menyebabkan suhu dapur menjadi lebih lembap dibanding ruangan lain di dalam apartemen.

Apabila kabinet yang digunakan di dapur tidak terbuat dari material yang anti air, daya tahan atau keawetan dari kabinet tersebut dapat berkurang sehingga kabinet menjadi lebih cepat lapuk dan rusak. Karena itulah Anda harus memilih kabinet yang terbuat dari material anti air maupun kabinet yang telah dilapisi dengan material anti air. Dengan begitu, kabinet tersebut bisa lebih awet dan dapur pun dapat dijaga agar terlihat lebih cantik serta lebih bersih lebih lama.

Meskipun material anti air sangat diperlukan untuk kabinet, namun Anda tetap harus mempertimbangkan fungsi kabinet. Sebagai tempat penyimpanan, kabinet haruslah kuat agar mampu menampung berbagai barang di dapur seperti piring dan semacamnya. Dengan kata lain, Anda tetap harus mempertimbangkan kekuatan material kabinet selain material atau lapisan anti air.

interior apartemen kecil minimalis
Foto by Rumah Minimalis

Selain kabinet, dapur apartemen juga seringkali dilengkapi dengan perabotan yang terbuat dari material logam seperti rak piring, kompor, tempat cuci dan masih banyak lagi. Suhu dapur yang lembap dapat menyebabkan perabotan atau barang-barang dapur yang terbuat dari logam lebih cepat berkarat. Selain suhu yang lembap, perabotan yang terletak di dapur juga umumnya sering kontak dengan air sekalipun bukan area basah.

Tentunya, sangat mengganggu jika perabotan-perabotan dapur yang terbuat dari logam berkarat sehingga keindahan dapur akan berkurang karenanya. Karena itulah sebelum memilih berbagai Interior Dapur Apartemen Simpel yang terbuat dari logam, alangkah baiknya jika Anda memilih perabotan dengan material anti karat.

Dengan material anti karat, tentunya perabotan di dapur dapat lebih awet dan tahan lama. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan perabotan tersebut dengan lebih leluasa meski dengan air sekalipun. Dengan begitu, perabotan pada dapur apartemen dapat dijaga agar selalu bersih dan tahan lama sehingga dapur apartemen dapat terlihat selalu bersih dan cantik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *